Batang Kabuang Dikunjungi Tim Penilai Provinsi


Selasa, 19 Mei 2015 - 19:20:34 WIB
Batang Kabuang Dikunjungi Tim Penilai Provinsi

Tim penilai diketuai Erman Rahman. Secara keseluruhan tim berjumlah 14 orang yang dibagi menjadi 6 kelompok, ketika melakukan penilaian di Desa Batang Kabuang  yang menjadi utusan kota sala lauak itu ke lomba desa tingkat Sumbar tahun 2015 ini.

Baca Juga : Selama Larangan Mudik, Sebanyak 300 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Sumbar

Sebelum desa tersebut menjadi utusan kota ke tingkat Sumbar, telah didahului dengan lomba desa tingkat Kota Pariaman, Desa Batang Kabuanglah yang menjadi pemenangnya.

“Tidak banyak yang dibenahi, karena hampir semua item yang menjadi poin di perlombaan, sudah menjadi kegiatan rutin di desa ini, kita hanya poles-poles sedikit saja, dan semua dinas instansi terkait turut melakukan pembinaan,” kata Lanefi, di sela-sela kegiatan penilaian berlangsung.

Baca Juga : Dibangun dalam Waktu Sangat Singkat, Masjid Ihsan Sungai Patai Sudah Dibuka

Di desa ini, paling menonjol adalah partisipasi masyarakat yang tinggi untuk pembangunan desa dan kegiatan ekonomi kreatif.

Salah satu bukti partisipasi masyarakat yang tinggi untuk pembangunan desa, warga secara bersama-sama berhasil membuka jalan desa hampir 2,7 km, ini dilakukan dengan swadaya murni.

Lahan diberikan secara gratis oleh masyarakat untuk kelancaran pembangunan jalan, padahal lahan tersebut cukup subur untuk  tanaman produktif, tetapi terkena untuk pembangunan ruas jalan, warga tidak menuntut ganti rugi, secara sukarela mereka serahkan untuk pembuatan jalan.

Selain itu, kegiatan ekonomi kreatif, home industry, berupa kerajinan sulaman dan makanan ringan terus tumbuh berkembang. Terhadap kondisi yang demikian dipastikan geliat ekonomi warga dan tingkat kesejahteraannya makin baik.(h/tri).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]