Majukan Pariwisata, Riau Sepakati Promosi Bersama


Rabu, 20 Mei 2015 - 19:34:58 WIB
Majukan Pariwisata, Riau Sepakati Promosi Bersama

Dalam rapat tersebut diba­has bagaimana melakukan pro­mosi pariwisata secara bersa­ma sehingga nama Riau bisa lebih dikenal di man­canegara. Me­nurutnya untuk melakukan promosi tersebut perlu si­nergitas dari stake holder, mustahil kemajuan bisa ter­ca­pai. Karena itu, sangat dibu­tuh­kan koordinasi berkelan­ju­tan antara instansi satu de­ngan yang lainnya dalam men­cip­takan destinasi wisata yang handal.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

“Namanya pariwisata, ten­tu kita harus maksimal untuk mela­kukan promosi, baik event­­nya maupun infra­struk­tur. Seperti Siak, antara pela­bu­han dan transportasi juga tak bi­sa dipisahkan. Jadi semua ha­rus saling bersinergi,” pa­parnya.

Adapun bentuk aplikasi pro­mosi yang dilakukan yakni de­ngan mengundang seluruh ka­bupaten/kota dan provinsi, un­tuk duduk bersama mem­ba­has pariwisata di Riau. Dian­ta­ranya, Dinas Kebu­dayaan Pa­riwisata dan Ekonomi Kre­atif, Disperindag, Balitbang, Di­nas Koperasi, Dis­komin­fo,Dinas Bina Marga dan Di­nas Cipta Karya dan Sumber Daya Air.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

Juga, Bupati Siak Syamsur yang daerahnya dicanangkan se­bagai heritage (Kota Ber­sejarah) juga langsung hadir pada kesempatan tersebut.

Lebih lanjut dijelaskannya, dari seluruh destinasi potensi wisata khususnya melalui di­nas terkait harus bisa mengin­ventarisir apa saja yang menjadi kendala dalam kemajuan wi­sata disuatu daerah. Jika me­mang persoalan infrastruktur jalan, harus cepat dikoor­dinasikan dengan instansi terkait lainnya.

Begitu juga nantinya jika memang sudah terbuka, harus ada pemikiran pengemasan serta pengembangan berupa objek pendukung. Disinilah peran Balitbang untuk meng­gali potensi yang sudah men­jadi lebih menarik.

“Contoh Balitbang kenapa diajak, tujuannya untuk meng­gali atau meriset potensi dae­rah. Misalnya dari segi ma­kanan bagaimana kemasannya. Be­gitu juga koperasi, bi” Con­toh Balitbang kenapa diajak, tu­juannya untuk menggali atau me­riset potensi daerah. Mi­sal­nya dari segi makanan bagai­ma­na kemasannya. Begitu juga ko­perasi, bisa berperan men­ja­di koperasi rakyat sehingga ma­syarakat tempatan bisa di­berdayakan termasuk juga ho­me stay,” papar Andi. (hr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]