Kabupaten Pasaman Miliki Potensi Energi Listrik Tenaga Hidro


Rabu, 20 Mei 2015 - 19:39:34 WIB
Kabupaten Pasaman Miliki Potensi Energi Listrik Tenaga Hidro

Selain itu, dua unit PLTMH bakal dilanjutkan pembangunan oleh Pemkab Pasaman dengan anggaran Rp1,3 miliar. Dua unit PLTMH itu adalah PLTMH Kububaru Kecamatan Mapat­tunggul telah dianggarkan senilai Rp800 juta untuk fini­shing. PLTMH di kecamatan ini jika sukses dibangun, maka mampu mengaliri listrik 200 kepala keluarga dan PLTMH Aiamudiak Kecamatan Lu­buk­sikaping, dianggarkan fini­shingnya sebesar Rp500 juta.

Baca Juga : Pantau Persiapan PPDB, Ombudsman: Website Jangan Sampai Down atau Diretas

Saat ini, Kabupaten Pasa­man memiliki 18 unit Pusat Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dengan kapasitas 302,6 KW dan mampu mene­rangi rumah masyarakat 1485 unit. Selain PLTMH, juga ada Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) di tiga kecamatan dengan kapasitas 35 kW mene­rangi 164 rumah. “Peluang untuk investasi membangun Pusat Listrik Tenaga Mikro (PLTM) juga tinggi. banyak sungai yang bisa digunakan, hanya saja kita tentu tidak bisa ceroboh dan harus pula mela­kukan kajian lingkungannya,” terangnya.

Kabid Ketenagalistrikan dan Pengembangan Energi Asril melanjutkan, potensi PLTM yang terletak di Sungai Pandahan sedang dalam pro­ses. “Menurut laporan investor dari PT Nawakara Energi Sum­pur, proses pembebasan lahan sudah hampir rampung. Potensi energi listrik pada PLTM itu sebesar 8 mw dengan nilai investasi sebesar Rp200 miliar,” tuturnya.

Baca Juga : Masih Langgar Prokes, 19 Orang di Pasar Lasi Disanksi

Selain sumber energi listri dari air, Pasaman juga memi­liki potensi sumber energi listrik dari panas bumi (Geo­thermal). Hingga saat ini, potensi panas bumi di Pasa­man mencapai 750 megawatt. Potensi itu pun tersebar pada sejumlah kecamatan. Salah satu Wilayah Kerja Pertam­bangan (WKP) panas bumi yang sudah dilelang adalah, potensi panas bumi Bonjol. Namun, sampai saat ini belum lagi ada investor yang meng­gaetnya dengan kapasitas ener­gi listrik diperkirakan 200 mw.

Potensi panas bumi lain­nya, terletak di Cubadak Keca­matan Duokoto dengan besar cadangan 100 mw, Rimbo Panti Kecamatan Panti 150 mw, Kecamatan Rao 100 mw, Kecamatan Lubuksikaping 100 mw dan Kecamatan Rao Selatan 100 mw. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]