Diduga Akibat Hutan Dibabat


Rabu, 20 Mei 2015 - 19:40:07 WIB
Diduga Akibat Hutan Dibabat

Lain lagi pendapat, Imun (39), warga Indo Baleh. Ia memperkirakan, galodo yang meng­hanyutkan empat rumah, karena tidak ada lagi penahan arus air. Antara aliran air dan jalan tidak bisa lagi dipisahkan. “Kita melihat, jalan yang dibangun pemerintah tidak dilengkapi dengan bandar. Karena itu, air yang turun dari arah Gunuang Sago, masuk melalui jalan, “katanya.

Baca Juga : Sekolah jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Sumbar

Hingga Rabu siang kemarin, warga masih berkerja membersihkan bekas hantaman galodo. Potongan kayu, dan berbagai jenis sampah, menumpuk disejumlah tempat. Galodo yang mengejutkan warga Mungo, diawali hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Limapuluh Kota sejak Selasa (19/5) sore, menga­kibatkan terjadinya galodo yang menghantam permukiman penduduk di Nagari Mungo, Ke­camatan Luak.

Galodo terjadi di Jorong Indo Baleh Timur dan Indo Baleh Barat. Ada sekitar empat unit rumah penduduk rusak akibat dilanda banjir bandang. Sawah juga banyak yang rusak.

Baca Juga : Kendalikan Banjir Sungai Batang Lembang Solok, Pemprov Butuh Bebaskan 2,5 Hektare Lahan

Diantara korban akibat galodo itu, pagar rumah Anif, hanyut sampai ke seberang jalan. Selain itu, banjir bandang juga melanda rumah Ed dan rumah Iwan di kawasan Tanjuanganau, Indo Baleh Timur, persisnya dekat padang rumput yang dikelola Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota Nasriyanto, melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Eddy, kini timya masih dalam tahap rekon dilapangan. “Sejak kejadian, hingga siang ini (Rabu,red), empat rumah penduduk yang terkena banjir bandang, masih dibersihkan. Kemudian, sawah dan jalan ikut rusak. Tidak saja di Mungo, Bukit Sikumpa dan Labuah­gunuang, Lareh Sago Halaban, juga “Di kedua kawasan, air yang kencang menggerus jalan,” katanya. (h/nto)

Baca Juga : Pemkab Padang Pariaman Raih Nilai SAKIP B

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]