Disperindag Pastikan Tak Ada Beras Sintetis Beredar di Sumbar


Rabu, 20 Mei 2015 - 19:56:25 WIB
Disperindag Pastikan Tak Ada Beras Sintetis Beredar di Sumbar

Dengan adanya temuan penjualan beras sintetis di Bantar Gebang, Bekasi kata Wagub, pedagang beras Sum­bar juga  harus berhati-hati ketika membeli beras untuk dijual lagi ke masyarakat. Masyarakat pun harus jeli dalam memilih beras, tidak sekedar menimbang harga murah dalam memutuskan untuk membeli.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Selasa 02 Maret 2021

Beras sintetis dari plastik dapat membahayakan kese­hatan jika dikonsumsi. Masuk­nya senyawa plastik ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan organ, seperti gang­gu­an hati dan gagal ginjal.

“Plastik itu tidak hancur meskipun sudah dikubur se­lama puluhan tahun, apalagi kalau dimasukkan ke perut kita sangat bahaya,” terangnya.

Baca Juga : Pipa Perumda AM di Sungai Lareh Padang Bocor, Ini Daerah Terdampak

Sementara itu, Disperidag Sumbar memastikan belum ada temuan di pasar-pasar di sumbar peredaran beras sin­tetis hingga saat ini. Meskipun demikian Disperindag tetap meminta warga untuk berhati-hati dalam membeli beras.

Kepal Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sum­bar, Zaimar dihubungi Rabu (20/5) siang mengatakan, dari hasil monitoring pihaknya di lapangan belum ditemukan peredaran beras sintetis yang mulai me­re­sah­kan. Namun, ia meminta masyarakat sebagai konsumen apabila menemu­kan peredaran barang ini untuk segera melapor.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Senin 01 Maret 2021

“Konsumen kita sudah sangat cerdas, jadi saya yakin tidak akan mudah tertipu. Saran saya teliti sebelum mem­beli, jangan tergiur dengan harga murah,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, mendekati bulan Ramadhan ini Dis­perin­dag akan lebih gencar mela­kukan sidak ke pasar-pasar, terutama terkait dengan beras sintetis. “Setiap hari tim pe­mantau harga kita turun ke pasar-pasar. Selain memantau harga mereka juga mengecek tentang beras ini. Kami him­bau masyarakat untuk me­lapor kalau menemukan indi­kasi beras sintetis, yang salah satunya berasnya putih bersih dan tidak berbau layaknya beras, dan harganya pasti mu­rah dibanding beras sejenis,” jelasnya. (h/mg-isr)

Baca Juga : 1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]