Nagari Milik Ninik Mamak


Kamis, 21 Mei 2015 - 18:31:33 WIB
Nagari Milik Ninik Mamak

Ketua Tim penilai KAN nagari terbaik Padang Pa­ria­man, Asisten I, Drs. H. Anwar, MM, mengatakan, tujuan dari peni­laian ini untuk bersilaturahmi, antara Pemda Padang Paria­man, dengan ninik mamak yang tergabung dalam lembaga KAN, disam­ping melihat dari dekat tentang keberadaan lembaga adat ter­se­but di tengah-tengah ma­syarakat.

Baca Juga : Sekolah jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Sumbar

Dia menjelaskan, dari e­nam lembaga KAN yang di­kun­jungi, satu di antaranya akan dikirim ke tingkat Su­matera Barat, sebagai wakil dari Kabupaten Padang Paria­man, kriteria yang dilihat, mulai dari aspek kantor, aspek kompetensi, aspek asset, admi­nistrasi, sumber pendanaan dan cara penyelesaian kasus adat di dalam nagari.

Sementara itu, Kabag Pe­merintahan Nagari, selaku sekretaris tim penilai, H. Wilson, S.Sos, MM, me­nam­bahkan, tujuan lain dari kun­jungan tim penilai untuk pem-binaan lembaga KAN, dengan harapan setelah dikunjungi ini ada semangat dari ninik ma­mak, membenahi lembaga yang dinaunginya.

Baca Juga : Kendalikan Banjir Sungai Batang Lembang Solok, Pemprov Butuh Bebaskan 2,5 Hektare Lahan

Salah seorang tim penilai Asril Mukhtar Dt. Rangkayo Basa, dari unsur Lembaga Kerapatan Adat Alam Mi­nang­kabau (LKAAM) Padang Pariaman, mengatakan, yang dikatakan, ninik mamak ber­alam lapang, berpadang luas, artinya, di dalam mengayomi sanak kemanakannya, mamu­tuih tidak sekali pancung, dilihat dulu ke belakang ten­tang duduk persoalan yang sebenarnya.

“Kalau dilihat sejak dari awal, nagari ini merupakan milik ninik mamak, dia dise­but juga sebagai “urang kayo” di nagari, tetapi sungguh pun demikian, karena alam luas­nya, dia tidak pernah mena­nyakan, honornya atau uang urak selo dan segala macam itu, hanya saja yang penting bagaimana sanak kema­nakan­nya damai dan sentosa,” terang Asril Mukhtar.

Baca Juga : Pemkab Padang Pariaman Raih Nilai SAKIP B

Adapun anggota tim pe­nilai, dari unsur LKAAM, Asril Mukhtar, Dt. Rangkayo Basa, Ali Safar Rajo Luanso, Y Rangkayo Indo Marajo. Kemudian dari Bundo Kan­duang, Azmi Ramli dan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padang Pariaman, Dr. Zainal Tk. Mudo, S.Sos.i, M.Ag bersama Drs. Amiruddin Tk. Majolelo, MA. (h/bus)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]