Baliho Tak Jamin Tingkat Elektabilitas Calon


Kamis, 21 Mei 2015 - 18:53:47 WIB
Baliho Tak Jamin Tingkat Elektabilitas Calon

Berdasarkan sejumlah hasil survei, salah satu wadah yang menyebabkan masyarakat atau pemilih bisa kenal dengan seorang kandidat, adalah lewat media baliho calon. Namun demikian pungkas Asrinaldi, pema­sangan baliho saja tentu tidak cukup untuk selanjutnya meraih simpati dan dukungan dari masyarakat.

Baca Juga : Tempati Rumah Dinas, Hendri Septa Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

“Baliho saja tidak cukup. Yang paling penting itu adalah bagaimana kandidat tetap menjaga waktu dan intensitas kunjungannya untuk turun langsung ke masyarakat, terutama untuk berdialog dan menyerap langsung aspirasi masyarakat,” katanya.

Dikatakan Asrinaldi, salah satu alasan dan faktor yang akan sangat menentukan saat masya­rakat akan memilih satu dari sekian banyak calon yang muncul, adalah ketika mereka sudah memiliki penilaian pribadi kepada calon bersangkutan. Tentunya setelah terlibat dalam aksi tatap muka dan berdialog langsung dengan masyarakat.

Baca Juga : Di Depan Doni Monardo, Gubernur Rekomendasikan Pinago sebagai Penahan Abrasi

“Jadi baliho saja tidak cukup, mungkin secara popularitas calon boleh tinggi, tapi belum tentu dipilih saat pilkada,” kata Asrinaldi menegaskan.

Etika Bermasyarakat

Baca Juga : Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah Tahun 2021 di Padang

Di sisi lain, Asrinaldi juga mengatakan jika ruang-ruang publik yang kini dimanfaatkan para calon untuk memasang baliho dan berbagai jenis alat peraga, sedianya dipergunakan untuk ke­pentingan masyarakat, bukan untuk kepentingan yang merasa memiliki ruang. Pemimpin dengan etika bermasyarakat yang baik katanya, tentu tidak akan mau merampas kebebasan masyarakat dalam menikmati kenyamanan di ruang publik. “Namun yang kita lihat saat ini, banyak baliho kampanye yang pemasangannya dilakukan pada tempat yang tidak seharusnya. Umpamanya di pohon pelindung, yang jelas-jelas melanggar etika dan tentunya mengganggu estetika,” papar Asrinaldi. (h/yan)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]