Pessel Eksploitasi Ikan Laut 13,7 Ton


Jumat, 22 Mei 2015 - 18:21:20 WIB
Pessel Eksploitasi Ikan Laut 13,7 Ton

Persoalan tersebut antara lain keterbatasan modal dan sumber daya manusia (SDM) dan masih kurangnya pera­latan yang dibutuhkan nelayan untuk melaut. “Untuk meng­ek­sploitasi komoditi per­ika­nan laut yang ada sangat diper­lukan modal dan SDM yang andal. Saat ini hal itu bukan tidak dimiliki kabu­paten ini, namun jumlahnya masih sangat terbatas,” katanya.

Baca Juga : Mantan Pilot AU Israel Sebut Pemerintah Negara Yahudi Tersebut adalah Penjahat Perang

Pesisir Selatan merupakan salah satu daerah yang berpotensial sebagai pemasok komoditi perikanan laut di Sumbar dan provinsi tetangga lainnya.

Namun dari sekian banyak Komoditi perikanan yang ada di kabupaten itu baru sebagian kecil saja yang dapat di eksploitasi.

Baca Juga : Presiden Erdogan Serukan Negara Muslim Lawan Israel

Garis pantai yang dimiliki Pesisir Selatan yakni sepanjang 234 kilometer, memanjang dari utara ke selatan. Berbagai jenis ikan seperti tuna, kerapu, madang, kakap, hiu, selar, kembung, tembang, tenggiri, tongkol, ayam-ayam dan lainnya ada di laut tersebut.

Untuk mengeksploitasi ikan-ikan tersebut hingga kini masih banyak nelayan yang menggunakan alat tangkap tradisional seadanya seperti sampan (perahu kecil tanpa motor) sehingga disamping menguras tenaga para nelayan, peralatan yang serba manual tersebut juga sangat berdam­pak terhadap minimnya hasil tangkapan.

Sebagai salah satu daerah pemasok ikan yang sangat berpotensi untuk dikem­bang­kan, pemkab setempat terus melakukan berbagai terebosan sebagai upaya agar mampu menjawab semua persoalan tersebut.

Diantara upaya itu mem­berikan peluang bagi nelayan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari sektor per­bankan yakni pada Bank Pem­bangunan Rakyat (BPR) Sa­mu­dera. Bank itu adalah milik pemkab setempat yang dike­lola oleh Dinas Kelautan dan Prikanan setempat.

Upaya lainnya seperti memperbanyak jumlah alat tangkap ikan dengan menggu­nakan motorisasi (perahu mo­tor) bagi nelayan dan pema­sangan rumpon di perairan laut kabupaten itu.(h/ans)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]