15 Warga Suku Anak Dalam Asal Bangko Terlantar di Kota Solok


Jumat, 22 Mei 2015 - 18:29:37 WIB
15 Warga Suku Anak Dalam Asal Bangko Terlantar di Kota Solok

Di jalan bypass terminal Bareh Solok, terlihat sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait mempersiapkan lokasi kedatangan ketua TP-PKK Sumatera Barat. Tanpa doduga sekelompok orang berkumpul dipintu gerbang kantor TP-PKK tempat acara akan berlangsung.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 156, Sembuh 106, dan Meninggal Dunia 5 Orang

Setelah diteliti, ternyata sekelompok orang itu ternyata dari suku anak dalam alias suku kubu, mereka terperangkap di Kota Solok karena keletihan berjalan dan ada juga diantara anaknya yang sakit perut dan muntah-muntah. Mengetahui adanya suku anak dalam, Satuan Polisi Pamong Praja dihubungi.

Kasat Pol PP Zulkarnaini beserta anggota turun ke lokasi dan melakukan pendataan serta interogasi, dari pengakuannya pada Kasatpol PP, mereka hendak melanjutkan perjalanan ke Kubu kerambie Kabupaten Tanah Datar. Menurut keterangan orang-orang terdahulunya, mereka berasal dari Kubu Kerambie. Tapi bagaimana bisa melanjutkan perjalanan karena ada diantara anak-anaknya yang sakit.

Baca Juga : Mantan Wagub Sumbar Bangun Rumah Gadang Malintang Panai

Sementara salah seorang suku anak dalam Marju yang ditanya Haluan mengakui, mereka keluar dari Bangko karena habitatnya sudah terganggu, rumahnya yang dibangun dalam bentuk pondok-pondok dan beratap rumbia sudah tergusur oleh perusahaan yang hendak menanam kelapa sawit. Mau tidak mau kami harus mencari pemukiman baru.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Kota Solok melalui Kepala bidang Kesejahteraan Sosial, Andriyani, yang pagi itu juga menemui suku anak dalam sangat prihatin dengan nasib mereka, selaku bidang yang menangani orang terlantar, seluruh rombongan suku anak dalam dikirim kembali ke Kabupaten Bangko menggunakan bus. (h/alf)

Baca Juga : BMKG Sampaikan Kisaran Ketinggian Hilal Jelang Penetapan Ramadan, Sumbar 3,66 Derajat

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]