Dana Desa Cair, Walnag Dilatih


Jumat, 22 Mei 2015 - 18:49:16 WIB
Dana Desa Cair, Walnag Dilatih

“Untuk tahapan kedua akan dilakukan pada Agustus dan dilanjutkan tahap ketiga pada bulan September mendatang,” terangnya. Meski dana ini telah berada di rekening Pemda masing-masing, dana ini belum bisa direalisasikan karena pejabat desa/nagari seperti wali nagari, sekretaris nagari dan bendahara nagari akan diberi pelatihan terlebih dahulu mengenai pertanggungjawaban, laporan dan kebijakan.

Baca Juga : Ada Pos Pelayanan Prokes di Pasar Raya Padang

“Kita beri pelatihan dulu, karena kalau langsung akan membuat bingung juga bagi Walnag dan perangkatnya,”  papar Syafrizal.

Pelatihan akan dilakukan pada minggu keempat Juni. Sementara untuk para mentor akan dibekali di pusat pada awal Juni. “Ada lima pejabat dari lima instansi yang nantinya akan memberi pelatihan yaitu, dari BPM, Bappeda, DPKD, Inspektorat dan dari Biro Pe­merintahan,” jelasnya.

Baca Juga : Jadwal Pendaftaran CPNS 2021 di Padang Belum Jelas

Ditambahkannya, rencana pemerintah yang akan mem­berikan Rp1 – Rp1,4 miliar per desa baru akan terealisasi pada tahun 2017 mendatang. Langkah ini dilakukan ber­tahap oleh pemerintah untuk melihat efisiennya dana desa ini di lapangan. “Jadi, ketika PP 60 tahun 2014 direvisi kita akan merugi tentu tidak benar, nantinya pemerintah juga akan me­nyalurkan dana ini sesuai kebutuhan desa tapi itu ber­tahap,” jelas Syafrizal Ucok.

Di Sumbar sendiri kata Syafrizal, ada 14 daerah yang nantinya akan mendapatkan dana ini, 12 kabupaten dan 2 kota. Kota yang masih me­nerima dana ini yaitu Kota Sawahlunto dan Pariaman.

Baca Juga : Dilepas Rektor UIN IB Padang, Jenazah Masnal Zajuli Dimakamkan di Tanah Datar

“Karena di dua kota ini masih ada desa, jadi mereka mendapat dana ini. Untuk Sumbar ada 880 nagari dan desa, yang nantinya akan men­dapat Rp300 per nagari/desa,” jelasnya.

Sementara itu, 350 fasilitator yang sebelumnya membantu program PNPM pedesaan akan diaktifkan kembali. Mereka tidak lagi dalam program PNPM Perdesaan tetapi seba­gai pendamping dana desa.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan Paket Sembako untuk Warga Sekitar TPA Air Dingin

“Pemerintah pusat akan menambah lagi fasilitator pendamping dana desa ini. Jumlahnya belum kita ke­tahui,” tandasnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]