Panglima Izinkan Wan TNI Berjilbab


Jumat, 22 Mei 2015 - 19:03:57 WIB
Panglima Izinkan Wan TNI Berjilbab

“Memang ada yang melarang selama ini?”tanya Widagdo yang tengah berada di Bukittinggi usai membuka kegiatan Karya Bakti TNI 2015, di Kecamatan Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman, Jumat (22/5).

Baca Juga : Di Depan Doni Monardo, Gubernur Rekomendasikan Pinago sebagai Penahan Abrasi

Widagdo sendiri mengaku untuk petunjuk teknis dirinya selaku pim­pinan tertinggi TNI AD di Sumbar masih menunggu petunjuk teknis dari Panglima TNI tentang tata cara penggunaannya. Hanya saja, ia tak menutup kemungkinan hal ini diso­sialisasikan, termasuk saat meng­hadiri TMMD di Limapuluh Kota, Sabtu (23/5).

“Yang jelas, untuk pelaksanaan teknisnya tentu menanti ST (Surat Telegram) dari Panglima yang akan menjadi rujukan untuk petunjuk pelaksanaannya nanti,”kata alumni Akademi Militer (Akmil) Magelang tahun 1984 ini.

Baca Juga : Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah Tahun 2021 di Padang

Panglima TNI Jenderal Moel­doko sendiri saat berada di Medan memperbolehkan prajurit perem­puan TNI alias Wanita TNI (Wan TNI) mengenakan jilbab dalam bertugas. Moeldoko tak meng­anggap pemakaian jilbab bagi Wan TNI sebagai persoalan.

Sikap Moeldoko ini diuta­rakan­nya pada kesempatan pengarahan kepada seluruh prajurit TNI bersa­m­a istri se-Sumatera Utara di hanggar Lapangan Udara Soewon­do, Medan, Sumatera Utara, Jumat (22/5) yang dilansir oleh detik.com.

Baca Juga : Alhamdulillah, Perumda AM Padang Gratiskan Air Masjid dan Musala Selama Ramadan

Pertama, ada salah seorang Wan TNI bernama Kapten Kes Dastria bertanya kepada Moeldoko soal penggunaan jilbab. “Adakah ke­mung­kinan wanita TNI meng­guna­kan jilbab seperti yang digu­nakan Pol­wan?” tanya dia kepada Moel­doko.

Seribuan orang yang memenuhi ruangan sontak bertepuk tangan. Lantas Moeldoko menjawab per­tanyaan itu dengan bernas.

Baca Juga : Hendri Septa Dengarkan Pandangan Fraksi DPRD Tentang LKPJ Wali Kota Padang Tahun 2020

“Pakai saja, kita nggak melarang kok. Wanita TNI mau pakai jilbab, pakai saja. Kalau pakaian dinas memakai jilbab, memang kita per­nah melarang? Nggak usah ribut. Itu urusan masing-masing,” jawab Moeldoko tegas. (h/mat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]