Pangkas Birokrasi, Banpol Diinstruksikan Jemput Aspirasi Warga


Ahad, 24 Mei 2015 - 18:06:25 WIB
Pangkas Birokrasi, Banpol Diinstruksikan Jemput Aspirasi Warga

Kasat Pol PP Pa­dang Pan­jang, Joni Aldo menyebut peran anggota Banpol yang di­tu­runkan ke ke­lu­rahan ter­sebut adalah untuk men­ja­lan­kan amanat Walikota gu­na menjemput as­pi­rasi warga. Meski se­cara u­mum tugas Banpol adalah me­mantau dan pe­nga­wasan ter­hadap pelang­garan Peraturan Daerah (Perda).

Baca Juga : Kadis Dukcapil Kabupaten Pessel Lakukan Sidam ke Unit Kerja Layanan di Kecamatan

“Seperti adanya temuan kerusakan atau ke­tidak­mak­simalan infrastruktur dan fa­silitas umum, melalui la­poran berbasis IT dapat lang­sung disikapi Satuan Kerja Pe­rang­kat Dearah (SKPD) terkait. Mi­salnya lampu  penerangan, kerusakan jalan, roil serta lain­nya, tidak harus melalui laporan berjenjang dari RT, Kelurahan hingga Kecamatan yang kemudian baru disikapi pa­da Musrenbang dalam ren­tang waktu cukup panjang,” ungkap Joni, Minggu (17/5) siang.

Birokrasi singkat melalui WhatsApp yang digunakan personil Banpol tersebut, juga tersambung secara luas tanpa terkecuali terhadap seluruh jajaran pemerintahan pada setiap instansi di lingkungan Pemko Padang Panjang dan juga kepada masyarakat. Gu­nanya agar masyarakat dan SKPD langsung mendapat informasi untuk disukai.

Baca Juga : Distanhortbun Laksanakan Rakor dan Evaluasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Triwulan I

“Anggota yang kita tu­run­kan ke masing-masing ke­lurahan berkoordinasi dan turun bersama dengan petugas trantib, petugas RT dan warga se­tempat untuk melihat per­masalahan yang ada,” terang Joni.

Dan Banpol se­tiap akhir pekannya memberikan lapo­ran terakumulasi ter­ha­dap temuan dan pe­ngaduan ma­syarakat. Baik yang telah mau­­pun yang belum un­tuk dila­kukan eva­luasi sesuai dengan a­manat Walikota se­ba­gai per­panjangan tangan SKPD, di luar tu­gas utama p­e­nga­wasan pelanggaran Perda.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Bermanfaat Bagi Pengobatan Lansia

Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis mengatakan tugas yang dijalankan Banpol turun langsung ke tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan yang bersifat  mendesak. Di sisi lain, kebe­radaan Banpol di tiap-tiap kelurahan diharapkannya da­pat mempersingkat urusan birokrasi terkait penanganan  infrastruktur umum.

“Satu bulan berjalan sejak April lalu, banyak hal yang dirasakan masyarakat sebagai bentuk perhatian pemerintah. Ketidak maksimalan penga­wasan dari SKPD akibat ke­ter­batasan jumlah personil jelas terbantu dengan adanya Ban­pol yang turun langsung ke lapangan setiap hari. La­poran melalui WhatsApp, bisa sama-sama diketahui untuk kemu­dian se­gera ditan­ggapi,” jawab Hendri melalui selulernya. (h/one)

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 175, Sembuh 172, dan Meninggal Dunia 3 Orang

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: red[email protected]