Kantor Samsat Pasaman Mulai Direhab


Ahad, 24 Mei 2015 - 18:16:06 WIB
Kantor Samsat Pasaman Mulai Direhab

Kepala UPT Samsat Lubuk Sikaping, Reflis, menye­but­kan, pembangunan ruang Sam­sat untuk file sangat penting karena semakin tingginya pelayanan kepada masyarakat sehingga dokumen kendaraan dari wajib pajak kendaraan bisa menumpuk. Oleh karena itu, kehadiran ruang bisa menata dokumen tersebut dengan baik.

Baca Juga : Selama Larangan Mudik, Sebanyak 300 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Sumbar

Sementara untuk rehab gedung Samsat Lubuk Sika­ping, sudah sejak tahun 1990-an ber­diri di Kabupaten Pasa­man. Maka, penyesuaian rua­ngan sangat penting sekali dalam rangka meningkatkan pelaya­nan publik kepada mas­yarakat.

“Di gedung yang nanti sele­sai direhab itu, kita sediakan ruang tunggu masyarakat yang layak sehingga masyarakat merasa nyaman menganggu antrian mereka,” ujar Reflis.

Baca Juga : Dibangun dalam Waktu Sangat Singkat, Masjid Ihsan Sungai Patai Sudah Dibuka

Mengenai capaian target yang diraih oleh Samsat Lu­buksikaping, kata Reflis, melebihi 100 persen, sehingga tahun ini target naik dari Rp7,646 miliar menjadi Rp8, 274 miliar. “Terjadi kenaikan target sekitar Rp600 juta dari tahun sebelumnya. Kenaikan ini terjadi pada target Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pajak alat berat.

PKB pada tahun 2014 de­ngan target 25,401 unit dengan target Rp7,488 miliar naik menjadi 25.390 unit dengan nilai Rp8,105 miliar. Semen­tara itu, untuk pajak alat berat naik dari 5 unit ke 15 unit tahun ini dengan nilai Rp14,768 juta.

Reflis optimis target yang ditetapkan DPKD Provinsi Sumbar dapat tercapai karena perbedaan realisasi tahun 2014 dengan target tahun 2015, hanya beda sekitar Rp200 juta.

Meski demikian, Reflis bersama aparatur Samsat Lu­buk Sikaping tetap meng­upa­ya­kan pemungutan pajak de­ngan maksimal, baik melalui program razia bpkb kendaraan maupun menjemput pajak ke kecamatan-kecamatan yang jauh dari kantor upt samsat.

“Kami gelar razia BPKB lebih memprioritaskan alih kepemilikan untuk didorong pemilik kendaraan itu untuk balik nama dan mutasi ken­daraan ke daerah tempat ken­daraan beroperasional,” jelasnya.

Untuk program Samsat keliling, ditujukan untuk melayani masyarakat wajib pajak kendaraan untuk dengan mudah membayar pajak mereka. Tahun ini, tukuk Reflis, Samsat Lubuksikaping Pasaman memiliki tiga titik lokasi pelayanan Samsat keliling (Samkel). Yaitu, di UDKP Pasar Rao Kecamatan Rao, di Aula Kantor Camat Panti Kecamatan Panti, dan Pos Lantas Polsek Tigo Nagari, Kecamatan Tigo Nagari. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]