Riau Bentuk Tim Bayar Utang Stadion Utama


Ahad, 24 Mei 2015 - 18:40:47 WIB
Riau Bentuk Tim Bayar Utang Stadion Utama

Pemprov tampaknya dibuat malu saat kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nah­rawi, ke Stasion Utama Riau, Sabtu akhir pekan kemarin. Ketika itu, Menpora juga sempat melontarkan rasa prihatinnya terkait kondisi stadion yang terbengkalai. Bahkan menteri sempat mencabut rumput liar yang tumbuh dengan bebas di dalam lapangan stadion.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Riau, Edi Yusti, Sabtu akhir pekan kemarin, Plt Gubri sudah berencana mem­bentuk tim khusus untuk pem­bayaran sisa utang tersebut.

Diakui Edi, rencana pembayaran sisa utang tersebut bukan perkara mudah. Diperlukan kehati-hatian, mengingat kasus hukum yang sela­ma ini membelit pembayaran, bakal terulang.  Agar tak terulang lagi, diperlukan kajian dari aspek hukum dengan matang. Termasuk meminta masukan dari dari Komisi Pem­berantas Korupsi (KPK), meski se­be­narnya hasil audit dari lembaga in­de­penden dan BPKP juga sudah keluar.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

“Kajian hukum memang sangat diperlukan. Hitam di atas putih dari KPK juga diperlukan. Sehingga nanti kalau sisa hutang dibayarkan tak menjadi masalah di kemudian hari,” terangnya.

Sebelumnya, terangnya lagi, tim dari KSO sudah bertemu dengan Pak Plt Gubri guna membahas pelunasan sisa utang tersebut.

Meski begitu, Kadispora juga menyatakan belum ada rencana memasukan anggaran pembayaran sisa hutang pembangunan stadion utama ke dalam APBD Perubahan.

Ada pun sisa utang yang harus dibayarkan Pemprov Riau kepada KSO, sebesar Rp245 miliar lebih dari nilai total pembangunan Rp1,3 triliun. Yakni meliputi pemba­ngunan stadion dan infrastruktur di luar stadion.

“Inikan sebenarnya masalah G to G. Yang berhutang pemerintah kepa­da BUMN yang juga milik pe­me­rintah. Karena itu perlu doro­ngan agar masalah ini bisa dise­lesaikan secepatnya, salah satunya melalui kunjungan Menpora Imam Nahrawi tadi siang ke Stadion Utama Riau,” tambahnya lagi. (hr/rtc/grc/sis)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]