Gelombang Panas Tewaskan 430 Orang


Senin, 25 Mei 2015 - 18:42:06 WIB
Gelombang Panas Tewaskan 430 Orang

Otoritas Andhra Pradesh mengimbau para pekerja dan warga lainnya untuk tidak bekerja telalu lama saat cuaca panas melanda. Di wilayah ini, tercatat sekitar 246 orang tewas akibat gelombang panas yang melanda sejak pekan lalu.

Baca Juga : Besok Lebaran, Warga Padang Padati Lapak Pedagang Daging Sapi Potong

“Sebagian besar korban merupakan orang-orang yang terpapar matahari secara lang­sung, biasanya berusia 50 tahun ke atas dan berasal dari kelas pekerja,” tutur komisioner khusus Departemen Penang­gulangan Bencana wilayah Andhra Pradesh, P Tulsi Rani kepada AFP.

Rani menyatakan, mes­kipun korban tewas mulai berjatuhan sejak Senin (18/5) pekan lalu, namun semakin lama jumlah semakin ber­tam­bah. “Kami meminta mereka untuk melakukan tindakan pencegahan seperti meng­gunakan payung, memakai topi, membawa banyak cairan terutama air minum dan me­ng­e­nakan pa­kaian dari ka­tun,” im­buh­nya.

Baca Juga : Siap-siap! Pemerintah RI Bakal Pungut Pajak Uang Kripto

Sekitar 188 orang lain­­nya di­la­porkan te­was akibat ge­lom­bang panas di wilayah Te­la­nga­na, sejak pertengahan pekan lalu. Ra­tusan orang, terutama dari kalangan mis­kin, tewas akibat gelombang panas yang me­mang melanda setiap tahun di India. Se­dang­kan puluhan ribu orang tidak men­dapat aliran listrik karena jaringan listrik menjadi terlalu panas akibat gelombang panas.

“Jenis gelombang panas yang kita hadapi sekarang sedikit lebih tinggi dari yang biasanya. Suhu udara di sini hampir menyentuh 48-49 derajat Celcius,” terang pejabat urusan pajak untuk Telangana, BR Meena.

Beberapa korban tewas akibat gelombang panas juga dilaporkan di wilayah Raja­sthan dalam beberapa hari terakhir. Ini termasuk seorang wanita yang jatuh pingsan dan kemudian tewas di pinggir jalan di kota Bundi. Di wi­layah Kalkuta, serikat sopir taksi mengimbau para sopir taksi untuk menjauhi jalanan sekitar pukul 11.00 hingga 16.00 waktu setempat, karena panas yang berlebihan.

Biro Cuaca India mem­peringatkan, gelombang panas yang sangat parah masih akan melanda wilayah Andhra Pra­desh dan Telangana dalam be­berapa hari ke depan. (h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]