Stok Pangan Dijamin Cukup Hingga Ramadan


Selasa, 26 Mei 2015 - 18:24:30 WIB
Stok Pangan Dijamin Cukup Hingga Ramadan

Tidak saja itu, stok beras Pesisir Selatan masih tersedia di gudang Badan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Div­re) II Sumbar, Sago Painan. Sementaranta pemkab juga memiliki persediaan gabah di sepuluh lumbung pangan yang tersebar di 10 dari 15 kecam­a­tan yang ada di kabupaten itu.

Baca Juga : Wagub Sumbar: Perencanaan Food Estate Masih Banyak Masalah, Butuh Pengawasan!

Meski demikian, terkait pangan tersebut pemkab se­tempat perlu mengawasi ketat pergerakan harga dan ini terus dilakukan agar para pedagang tidak bisa menaikan harga kebutuhan pokok tersebut dengan seenaknya.

Menurutnya, stok beras yang ada saat ini, selain sebagai pertahanan pangan jika ter­jadinya pelonjakan harga disaat stok di tingkat masyarakat mulai menipis, persediaan juga bermanfaat untuk ketahanan pangan jika terjadi bencana alam.

Baca Juga : Sinergitas Antar Rumah Sakit Bisa Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 di Sumbar

Untuk menjaga ketahanan pangan agar tetap tersedia dan tidak terjadinya lonjakan harga akibat stok menipis, maka pemkab setempat terus ber­upaya memperbanyak stok dengan melakukan pembelian gabah dari hasil panen petani melalui lembaga distribusi pangan masyarakat (LDPM) yang tersedia di kecamatan.

Tempat penyimpan stok pangan yang ada diperkirakan mampu menjaga dan mengen­dalikan ketahanan pangan di kabupaten itu. Dimana, disaat terjadi bencana dan stok mini­pis maka LDPM akan ber­fungsi menyalurkan stock yang ada.

“Inilah fungsinya LDPM, disaat terjadi bencana dan stok menipis maka bahan pangan yang tersedia dapat didis­tribu­sikan langsung ke masyarakat yang membutuhkan, “ katanya.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh kabu­paten setempat, Emirda Zis­wati mengatakan, saat ini Pe­sisir Selatan telah memiliki empat unit LDPM yakni dua unit di Kecamatan IV Jurai, dua unit lagi masing-masing di Bayang Utara dan Koto XI Tarusan.

Sesuai tujuan, pemkab setempat mendirikan lembaga itu berfungsi untuk menga­ntisipasi kekurangan stok pa­ngan, baik saat terjadinya bencana alam maupun mema­suki masa-masa pergantian musim.

Data Ketahanan Pangan setempat menunjukan sisa persediaan beras di kabupaten itu masih tersisa sebanyak 40 ribu ton. Produksi setara beras kabupaten itu yakni total luas panen beras 52.610 hektar dengan produksi gabah kering panen 253.730 ton. Sementara kebutuhan beras 170.614 ton, terjual 117.460 ton. (h/ans)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]