Hutan Gundul, Penyebab Banjir Bandang Buluahkasok


Selasa, 26 Mei 2015 - 18:48:00 WIB
Hutan Gundul, Penyebab Banjir Bandang Buluahkasok

“Namun yang jelas, Pem­kab Limapuluh Kota, me­ng­akui sedang dilanda ben­cana daerah. Kita akan bicarakan kejadian ini langsung dengan Gubernur Sumbar. Mudah-mudahan ada solusi terbaik dalam menanggulangi bencana demi bencana yang terjadi ini,  ”Kata Bupati Alis Marajo dalam percakapan dengan Ha­luan, Selasa (26/5) kemarin.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

Hal itu diakui Alis, bukan tanpa alasan. Pasalnya, baru hilang penat rekan-rekan BPBD setelah membantu pascarekon di Mudiak Liki, galodo yang melanda Jorong Indo Baleh Timur dan Indo Baleh Barat Nagari Mungo Keca­matan Luak, Selasa (19/5) lalu, belasan personil BPBD sudah harus bolak balik ke Buluahkasok.

Walau tidak mau memastikan, namun Alis menduga, silih ber­gantinya galodo itu, karena diduga gundulnya hutan di Bukit Barisan dan di sekeliling Gunung Sago.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

“Kita sudah sama-sama melihat, di sepanjang aliran air bah atau galodo baik di Mudiak Liki, Mungo dan Bu­luah­kasok, ditemukan ba­nyak bekas kayu gelondongan. Sejumlah warga yang kita ditemui di lokasi kejadian, juga me­ngakui, banyak sekali bekas kayu potongan mesin yang dibawa air. Kalau hutan kita masih lebat, maka kita pastikan, bencana demi bencana itu tidak akan terjadi, “kata Alis Marajo.

Atas kondis itu, Alis meminta semua pihak terkait, untuk men­jadikan kejadian demi kejadian itu sebagai pemikiran bersama. “Kita akan panggil pihak terkait. Kita akan undang dinas kehutanan, pertam­bangan, polisi, TNI dan pihak-pihak yang kita rasa, me­miliki komitmen yang sama dalam penanggulangan bencana, “tegas Alis.

Hingga Selasa (26/5), belasan anggota BPBD, dibantu TNI, ma­syararakat, masih berada di Buluah­kasok. Longsoran di Buluahkasok dan di sepanjang jalan alternatif Sumbar-Raiu itu, terjadi sekitar pukul 22.30 WIB. Lokasi yang dihantam adalah Jorong Buluah­kasok, Dusun Taeh, Nagari Sari­lamak, Kecamatan Harau. (h/nto)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]