Realisasi Manunggal Sakato XIII Mencapai Empat Kali Lipat


Rabu, 27 Mei 2015 - 20:20:04 WIB
Realisasi Manunggal Sakato XIII Mencapai Empat Kali Lipat

“Dari hasil evaluasi pelak­sanaan Manunggal tahun ini, sudah mencapai 100 target sesuai dengan target yang ditetapkan. Dimana nilai hasil selama pelaksanaan Ma­nung­gal Sakato angkanya mencapai Rp4,8 miliar lebih.

Baca Juga : Bantu Perekonomian Masyarakat Lagan Pesisir Selatan, 50 Keluarga Terima BLT

Jika diban­dingkan dengan dana stimulan yang diberikan untuk semua kelurahan sebe­sar Rp1,2 M, maka reali­sa­sinya mencapai lebih empat kali lipat,” ujar Ketua Pelak­sana Manunggal Sakato XIII,  Rismal Hadi SSTP, MSi pada penutupan Manunggal Sakato XIII tahun 2015, Selasa (26/5) di Kelu­rahan Bukit Apit Puhun.

Menurutnya, selama pelak­sa­naan Manunggal diperoleh partisipasi masyarakat dalam bentuk sumbangan tanah se­luas 8.862,344 m2 yang nilai­nya mencapai Rp2,384 miliar. Angka partisipasi masyarakat yang ikut bergotong royong sebanyak 12.404 orang senilai Rp906,841 juta, serta par­tisipasi dalam bentuk material, konsumsi, uang dan lain-lain dengan nilai Rp402,709 juta. Sedangkan untuk total par­tisipasi atau swadaya masya­rakat berjumlah Rp 3,693 miliar.

Baca Juga : Pemnag Gunung Medan Klarifikasi Terkait Minta THR ke Pengusaha

“Untuk kelurahan terbaik dalam Manunggal Sakato ta­hun ini berdasarkan nilai par­tisipasi yang diperoleh yakni, terbaik I Kelurahan Bukit Apit Puhun dan diberikan reward sebesar Rp5 juta, terbaik II Kelurahan Aur Kuning de­ngan reward sebesar Rp3,5 juta dan terbaik III Kelurahan Campago Ipuh dengan  re­ward sebesar Rp2 juta,” ujar Rismal Hadi.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi Ismet Amzis da­lam kegitan penutupan terse­but mengatakan, dari hasil Manunggal Sakato selama satu bulan ini terlihat semangat kebersamaan, semangat go­tong royong dan semangat untuk berpartisipasi dalam membangun masih sangat ting­gi di tengah-tengah masyara­kat. Diharapkan kebersamaan ini dapat dipertahankan terus dalam setiap kegiatan.

“Kami berharap apa yang telah dihasilkan dari Ma­nung­gal Sakato ini dapat diman­faatkan dan dipelihara sebaik-baiknya, sehingga kerja keras yang telah kita lakukan tidak menjadi sia-sia dan bertahan untuk jangka waktu yang lama. Pasalnya kegiatan Manunggal adalah salah satu strategi peme­rintah untuk mempercepat perluasan dan penyebaran pembangunan di tingkat kelu­rahan,” harap Ismet.

LPM Bukit Apit Puhun A St Pangeran sangat berterima kasih kepada Pemko Bukit­tinggi karena dengan Ma­nunggal Sakato tahun ini terba­ngunlah Posyandu Matahari seluas 400 m2. Seluruh dana stimulan dipakai untuk mem­beli bahan, sedangkan penger­jaannya dilaksanakan secara gotong royong.

Alhamdulillah tanah untuk pembangunan ini merupakan hasil hibah masayarakat,” ujarnya. Senada dengan itu DPD LPM Kota Bukittinggi Inyiak Dt Pado Basa berharap Pemko dapat memprio­ritaskan pena­naman Durian Monthong di pinggir jalan Kelurahan Bukit Apit Puhun. Sehingga Bu­kittinggi pun punya obyek wisata baru lain seperti di daerah lain.

“Kita sangat berharap Ma­nunggal Sakato ini tetap ada setiap tahun. Karena dengan Manunggal Sakato seluruh masyarakat, Pemko, TNI, PKK maupun unsur-unsur masayarakat lain membaur dan bekerja sama untuk pem­bangunan,” jelasnya. (h/tot)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]