Pemko Padang Akan Lelang Jabatan


Rabu, 27 Mei 2015 - 20:39:40 WIB
Pemko Padang Akan Lelang Jabatan

Ia mengatakan,  tidak semua jabatan kepala dinas yang dilelang. Terdapat klasifikasi dominan sesuai 10 programnya. Ada pula klasifikasi kurang dominan dan pelengkap. Menurutnya, lelang jabatan tidak sekedar penyegaran di tubuh SKPD. Melainkan juga pembinaan, agar dapat bekerja maksimal sesuai rencana kerja dan target pemko.

Baca Juga : Tempati Rumah Dinas, Hendri Septa Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

Upaya pembinaan itu, yakni dengan mutasi salah satu caranya. Selain jabatan strategis, bagi jabatan yang kegiatan bersifat umum, akan tetap gunakan cara reguler. Dari 16 posisi yang dilakukan mutasi baru-baru ini, hanya jabatan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) yang tergolong strategis. Sayangnya dalam mutasi kemarin, jabatan Kadisperindagtamben tetap dilakukan cara reguler. Untuk melakukan lelang jabatan itu, Pemko Padang telah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) sesuai ketentuan UU ASN. Namun, Emzalmi tidak merin­cikan SKPD apa saja yang harus dilelang. Dari beberapa posisi yang kosong saat ini, jabatan Kepala Dinas (Kadis) Pol PP dan Kadis Pasar masih belum diisi. Sementara pengamat pemerintahan, Rusdi Lubis mengatakan, mutasi merupakan hal biasa dilakukan untuk kepentingan organisasi. Hanya saja, yang mesti menjadi perhatian dalam proses mutasi, memperhatikan kompetensi orang yang akan menduduki posisi barunya. Maka, ada aturan yang harus menjadi tonggak berpijak, terutama untuk eselon II, harus dilakukan seleksi terbuka sesuai UU ASN.

“Untuk jabatan yang masih kosong itu, Kadis Pol PP dan Kadis Pasar harusnya dilakukan lelang. Apalagi sekarang sedang disempurnakan peraturan pemerintah yang me­nyan­g­kut mutasi, minimal yang bersangkutan telah berpengalaman dua hingga lima tahun,” jelas Rusdi Lubis.  Aturan seleksi terbuka telah disahkan dan sudah harus berlaku. Diingatkan Rusdi, jika penempatan tidak sesuai kompetensi, Menpan dapat membatalkan SK yang dibuat oleh walikota. (h/ade)

Baca Juga : Di Depan Doni Monardo, Gubernur Rekomendasikan Pinago sebagai Penahan Abrasi

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]