Basarnas Beri Pemahaman Keselamatan Berlayar


Kamis, 28 Mei 2015 - 19:16:32 WIB
Basarnas Beri Pemahaman Keselamatan Berlayar

“Tapi, kecelakaan nelayan ini memang banyak terjadi, sehingga kita diharuskan untuk membentuk keselamatan nela­yan di pesisir pantai,” ucap Juanda Sodo.

Baca Juga : Di Depan Doni Monardo, Gubernur Rekomendasikan Pinago sebagai Penahan Abrasi

Jika dibandingkan antara nelayan dengan Basarnas, kata Juanda Sodo, nelayan lebih mahir mengenali laut di­ban­ding Basarnas. Tapi, nelayan kadang tidak berpikir panjang dalam berlayar, karena yang dipikirkan mencari nafkah.

“Nelayan orang hebat di laut, tapi kadang kecelakaan tidak bisa dihindari,” tutur Juanda Sodo.

Baca Juga : Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah Tahun 2021 di Padang

Dikatakannya, masyarakat jangan menyalahgunakan pe­ngaduan kepada Basarnas, sehingga informasi yang dite­rima tidak akurat. Sebab, kerja Basarnas berhubungan dengan keselamatan umat manusia yang mengalami kecelakaan dan siap sedia setiap waktu.

“Seperti yang terjadi baru-baru ini ada informasi yang kami terima, ternyata setelah kami turun ke lapangan dan mencek kebenaran infomasi itu. Di situlah baru kami sadari, ternyata informasi tidak benar. Kami minta kepada masya­rakat untuk melaporkan kecelakaan apapun, musibah apapun kepa­da kami dengan syarat harus akurat. Karena, kami men­dapatkan informasi langsung turun ke lapangan,” kata Juan­da Sodo.

Baca Juga : Alhamdulillah, Perumda AM Padang Gratiskan Air Masjid dan Musala Selama Ramadan

Dilanjutkan Juanda Sodo, Basarnas akan berubah nama menjadi Badan Nasional Pen­ca­rian dan Pertolongan sesuai dengan Undang-undang no­mor 29 tahun 2014. “Badan Nasional Pencarian dan Perto­longan tidak bisa disingkat seperti Basarnas,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishub Kominfo) Kota Padang, Rudy Rinaldy melalui Kabid Perhubungan Laut, Ricardi Akbar men­jelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan keselamatan dan keamanan yang menyakut angkutan dan aktifitas masyarakat di perai­ran, pelabuhan dan lingkungan maritim.

Baca Juga : Hendri Septa Dengarkan Pandangan Fraksi DPRD Tentang LKPJ Wali Kota Padang Tahun 2020

“Makanya, peserta kita dari himpunan nelayan seluruh Indonesia terlibat aktif dalam kegiatan ini, Syahbandar Teluk Bayur, Pol Air Polda Sumbar, serta Basarnas,” tutup Ricardi Akbar. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]