Sumbar Siap Tampung Imigran Rohingya


Kamis, 28 Mei 2015 - 19:29:24 WIB
Sumbar Siap Tampung Imigran Rohingya

Untuk membantu muslim Rohingya, kata Irwan tidak perlu menggunakan anggaran pemerintah melalui persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Baca Juga : PT Medialab Indonesia Buka Lowongan Kerja, Minimal D3 Analis Kimia

“Kita kan memiliki dana zakat yang bisa digunakan untuk membantu sesama muslim,” tegasnya.

Meski Pemprov Sumbar belum memiliki persiapan yang memadai untuk ini, namun Pemprov siap memberikan bantuan maksimal untuk bisa melaksanakannya.

Baca Juga : Pemko Padang Apresiasi Ketersediaan Pangan Strategis Jelang Lebaran 2021

Selain Pemprov Sumbar, Semen Padang Group juga lebih dahulu membantu etnis muslim Rohingya yang terdampar di Aceh dan Medan. Pihak Semen Padang mengirimkan langsung bantuan untuk ratusan warga muslim yang terdampar karena konflik di negaranya.

Berdasarkan pemantauan lembaga Arakan Project, yang khusus memonitor pergerakan kaum Rohingya selama lebih dari satu dekade, ada sekitar 7.000 hingga 8.000 orang Rohingya yang berada di kapal-kapal di Selat Malaka.

Mereka menunggu saat yang tepat untuk merapat ke Malaysia atau Indonesia guna mencari penghidupan yang lebih layak. Tercatat hingga akhir November 2014, terdapat 40.070 pengungsi Rohingya yang terdaftar di UNHCR di Malaysia. Adapun di Indonesia terdapat 738 pengungsi Rohingya dari Myanmar hingga akhir Februari 2015. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]