El Nino Diprediksi Landa Sebagian Besar Indonesia


Jumat, 29 Mei 2015 - 16:40:25 WIB
El Nino Diprediksi Landa Sebagian Besar Indonesia

Andi mengatakan, bia­sa­nya perkiraan dari Indo­nesia selalu tepat, namun tetap jauh-jauh hari harus diantisipasi dengan mem­bentuk tim yang saat ini sudah mulai berjalan.

Baca Juga : 5 Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur, Apa Saja?

Menurut Mentan, biasa­nya lahan yang mengalami kekeringan di Indonesia seluas 200 ribu hektare, sehingga pihaknya telah mempelajarinya selama lima hingga 10 tahun dan telah menyiapkan langkah-langkah antisipasinya yang sudah dipikirkan.

“Saya telah mengum­pulkan semua pakar perta­nian dan yang berkompeten mengatasi permasalahan El Nino tersebut, kita jangan menganggap remeh dengan hal ini,” ujarnya lagi.

Baca Juga : Efek Samping? Siklus Menstruasi Berubah Usai Vaksin COVID-19

Jika telah diantisipasi dari awal, diharapkan mu­sim kering tahun ini tidak akan terlalu ber­pengaruh terhadap pruduksi padi secara nasional, kata dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut Yohanis Panelewen mengatakan, pihaknya juga mengimbau ke kabupaten dan kota dan pihak lainnya bisa saling membantu me­nyo­sialisasikan hal ini pada petani, sehingga mampu meminimalkan terjadi ga­gal panen karena ke­ke­ringan.

Baca Juga : IDI Sebut Vaksin Buatan Cina Masih Layak Digunakan, Ini Alasannya

“Memilih menanam ko­­mo­ditas yang cocok se­suai musim pun merupakan solusi terbaik,” katanya lagi.

Namun, katanya, secara keseluruhan cara tanam petani di Sulut memang ada puncak panennya namun setiap saat ada saja petani yang panen.(h/bbc)

Baca Juga : Vaksinasi di Rumkitban Batam Diikuti Ratusan Warga

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]