Siswa Tanah Datar Raih Nilai Tertinggi UN 2015


Jumat, 29 Mei 2015 - 16:45:35 WIB
Siswa Tanah Datar Raih Nilai Tertinggi UN 2015

Kedua siswa asal Ta­nah Datar tersebut me­lanjutkan pen­didikannya ke Pergu­ruan Tinggi Ne­geri ter­nama di Indonesia, untuk M. Mukh­tarul Amri Tan­jung asal SM­AN 3 Batu­sangkar me­lan­jutkan ke Institut Tekno­logi Bandung (ITB) dan Rayhan Fajar Matheza asal SMAN 1 Batu­sangkar me­lan­jut­kan ke Uni­ver­sitas An­da­las (Unand) Pa­dang, me­reka telah dinyatakan lulus ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SN­MPTN).

Baca Juga : Penginapan di Pantai Anyer 

"Prestasi ini menjadi ke­banggaan kita di Tanah Datar, ini merupakan se­jarah per­tama Tanah Datar yang ber­hasil meraih nilai UN ter­tinggi pertama dan kedua di Sumatera Barat. Kami sebagai guru tentu cukup bangga, hal ini akan dapat memotivasi dalam pene­rima­an siswa baru nan­ti dan mem­berikan isyarat bahwa pendi­dikan kita pu­nya kualitas, tidak perlu siswa bersekolah ke luar cukup di Tanah Da­tar," sebut Kepala Sekolah SM­AN 3 Tanah Da­tar, Drs Asrul kepada Haluan, Rabu (27/5).

SMAN 3 Batusangkar me­ru­pakan satu-satunya seko­lah Unggul pada seko­lah mene­ngah umum, se­dangkan untuk tingkat SL­TP yaitu SMPN 5 Batu­sang­kar, dua sekolah ini awalnya merupakan sekolah satu atap sekolah program laya­nan ke­unggulan di Tanah Datar, pada tahun 2006 me­lalui SK Bupati Tanah Datar sekolah tersebut dipisah, be­lum genap satu tahun, SMAN 3 menempati ge­dung barunya yang ber­lokasi di Bukit Gombak, Ba­tu­sangkar. Kini, SMAN 3 Batusangkar me­miliki 26 rumbel, satu ruang belajar terdiri dari 26 siswa, tenaga pengajar sebanyak 28 orang guru, diantaranya masih ter­dapat guru kontrak 5 orang dan pegawai tata usaha seba­nyak 6 orang. Pada tahun ajaran baru ini SMAN 3 ini bakal menerima siswa baru untuk lima lokal belajar yaitu sebanyak 130 siswa atau sama dengan siswa kelas XII yang lulus tahun ini. Dalam me­nun­jang kegiatan kea­gamaan SMA ini memiliki masjid yang cukup ref­re­sentatif, Mas­jid Al-Raudha di SMA tersebut meru­pakan sum­bangan perantau Lampung asal Tanah Datar.

Baca Juga : Kajur Teknik Sipil PNP Sebut Kampus Merdeka Mendobrak Tembok Antar Disiplin Keilmuan

Kenapa SMAN 3 Ba­tu­sangkar mampu menjadi ter­baik di Sumatera Barat, Ke­pala Sekolah Drs. Asrul me­nyebutkan, selain siswa didi­dik oleh guru-guru pro­fe­sional dibidangnya, juga diten­tukan oleh berbagai hal yang diterapkan disekolah tersebut, termasuk pene­paan siswa yang tidak hanya pada hari-hari menjelang UN dise­lengga­rakan saja. "Kita dalam mem­per­siap­kan siswa ti­dak dua atau tiga bulan menjelang UN saja, tetapi telah diper­siapkan sejak mereka mulai belajar di sekolah ini. Jika di sekolah lain, barangkali pukul 13.30 mereka sudah pulang, tetapi di sini siswa baru bisa pulang siap waktu ashar, bahkan juga sering mereka pulang hingga mag­rib bila ada kegiatan-kegia­tan lomba dan agenda-agen­da mendadak yang mesti dipersiapkan secara ma­tang," sebut Asrul.

Pada tahun ajaran baru ini, SMAN 3 Batusangkar mene­rima siswa tamatan SLTP dan Madrasah Tsa­nawiyah tanpa tes bila siswa hafiz tiga Juz Al-Qur`an dan akan langsung dibe­rikan beasiswa selama satu tahun untuk melanjutkan pendi­dikannya disekolah yang baru saja tiga bulan dipimpin Drs Asrul jebolan IKIP Pa­dang (UNP saat ini) ang­katan 84 jurusan Mate­matika. Asrul putra asal Bati­puah Tanah Datar ini lahir pada 2 Oktober 1964, sebe­lum menjabat Ke­pala SMAN 3 Batu­sang­kar, ia telah de­lapan tahun me­mim­pin SM­PN 5 Ba­tusang­kar.

Baca Juga : Yah.., Beginilah Prostitusi Online di Kota Pekanbaru

Sang juara

M. Mukhtarul Amri Tan­­­jung, sang peraih peringkat II nilai tertinggi UN SMA ting­kat Sumbar tahun ini dengan nilai 100 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, ia dikenal se­bagai anak yang amat te­kun belajar dan ge­mar mem­­baca. M. Mukh­tarul yang bercita-cita men­jadi seo­rang phy­sical enginer itu se­lain men­ja­di kebang­gaan ke­luarganya juga men­jadi ke­banggaan Tanah Da­tar, dan SMAN 3 Ba­tu­­sang­kar khu­­sus­nya, M. Mukh­tarul  ber­hasil diterima di Fakultas Teknik Industri Ins­titut Teknologi Ban­dung. (h/fma)

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]