Kodim 0304 Panen Raya Padi Organik di Ladang Laweh


Jumat, 29 Mei 2015 - 18:25:14 WIB
Kodim 0304 Panen Raya Padi Organik di Ladang Laweh

Menurut Panitia pelak­sana panen raya padi orga­nik, Kapten (inf) Syawal, tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk melaporkan ten­tang kegiatan Demplot per­tanian padi organik Kodim 0304/Agam dalam rangka mendukung program Swa­sembada pangan.

Baca Juga : Wagub Sumbar Bakal Perjuangkan Normalisasi Sungai Batang Sumani ke Pusat

Kegiatan yang dilak­sa­nakan ini sesuai dengan surat kesepakatan bersama antara Gubernur Sumbar dengan Danrem Nomor 120-­2/GCB-2014 tanggal 7 maret 2014, tentang prog­ram kerjasama dalam men­dukung peningkatan keta­hanan pangan, peningkatan produksi pertanian di Wi­layah Provinsi Sumbar Ta­hun 2014.

“Pelaksanaan panen raya padi organik Demplot Ko­dim 0304/Agam, dilakukan selama 4 bulan  yang dimulai semenjak 2 Januari hingga 29 Mai 2015. Panen padi seluas seluas 1 Ha ini memakai bibit Bunda Sri Mandiri (BSM) dengan usia tanam 100 hari dengan perkiraan hasil panen lebih kurang 5,4 ton,” ujar Syawal.

Baca Juga : Berprestasi, 31 Personel Polres Dharmasraya Dianugerahi Penghargaan

Sementara itu Ko­man­dan Kodim 0304/Agam, Letkol  Candy Cristian Riantory mengatakan, kegi­atan yang dilaksanakan ini meng­ang­kat tema pem­bi­naan komu­nikasi sosial de­ngan seluruh komponen masyarakat me­lalui panen raya padi or­ganik Kodim 0304/Agam, guna men­du­kung swasem­bada pangan dan memeli­hara kemanung­galan TNI-Rakyat.

Program penanaman pa­di ­organik yang dilakukan menunjukkan hasil  cukup signifikan sesuai dengan target yang diharapkan. Jum­lah produktivitas yang signifikan ini diharapkan mampu meningkatkan pro­duktivitas panen selanjutnya pada masa tanam beri­kut­nya.

“Banyak manfaat dari pola tanam padi organik tersebut, selain hemat dari sisi biaya, juga dapat mengu­rangi ketergan­tungan petani terhadap pupuk kimia. Un­tuk itu petani perlu dido­rong untuk memanfaatkan penggunaan pupuk organik karena pu­puk organik ter­sebut terbukti baik bagi proses penyuburan tanah dan tentu meningkatkan produktifitas pertanian,” ujar Candy.

Menurutnya, Panen raya kali ini merupakan kerja keras dari personil Kodim 0304/Agam, JKMP4 dan petani yang didampingi penyuluh pertanian dalam upaya-upaya meningkatkan produktivitas padi khu­sus­nya maupun hortikultura lainnya.

“Dandim 0304 Agam akan selalu siap melak­sana­kan tugas pendampingan bagi para Petani dengan mengoptimalkan peran per­sonil. Sekaligus berkor­dinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan nasional, khususnya di Kabupaten Agam dan Bukittinggi,” ujar Candy.

Bupati Agam Indra Catri yang diwakili Sekda Syafir­man berharap, de­ngan pa­nen raya padi organik Dem­plot Kodim 0304/Agam , dapat dija­dikan sebagai lang­kah awal dalam mengem­bang­kan sek­tor pertanian untuk ketahanan pangan masyar­akat dalam rangka men­dukung program Swa­sem­bada pangan. (h/tot)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]