Akhirnya, Ali Mukhni Dapat “Kapal”


Jumat, 29 Mei 2015 - 18:28:03 WIB
Akhirnya, Ali Mukhni Dapat “Kapal”

Menurut informasi dari beberapa pimpinan partai politik,  Partai Nasdem dan Hanura telah selesai menetapkan siapa calon bupati yang akan diusungnya. Seperti yang diungkapkan Ketua Partai Nasdem, Alfikri Mukhlis, bahwa par­tainya telah memastikan Ali Mukhni sebagai calon bupati dari Nasdem. Sementara itu Sekretaris Hanura, Bas­tian Desa Putra juga menyampaikan, partainya juga telah mengusulkan calon tunggal ke DPP Hanura, yakni Ali Mukhni. Dengan kondisi ini, Ali Mukhni lebih dulu selangkah dibanding calon lain.

Baca Juga : Wagub Sumbar: Perencanaan Food Estate Masih Banyak Masalah, Butuh Pengawasan!

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman, Hapy Naldi me­nyatakan, hingga saat ini partainya belum menetapkan siapa yang diusung dalam Pilkada nanti.

“Kami belum melakukan proses penjaringan calon, karena kami berpikir koalisi yang terpenting lebih dulu dicip­takan,” katanya.

Baca Juga : Sinergitas Antar Rumah Sakit Bisa Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 di Sumbar

Jika telah mendapat partai koalisi yang permanen, partai ini baru mela­kukan penjaringan terhadap calon. Terhadap adanya calon yang dimiliki Gerindra, Happy Naldi membantah hal tersebut.

“Belum, kami belum punya calon, tapi baru tahap penjajakan koalisi,” akunya,  sembari membenarkan sudah menjalin koalisi dengan PKS.

“Secara lisan koalisi kita dengan pengurus PKS telah oke, namun belum ada restu dari DPW atau DPP partai dan belum memiliki legalitas,” akunya.

Di sisi lain, Ketua DPC PDIP Padang Pariaman, Salman Har­dani me­nya­takan, pihaknya juga akan lebih me­ngutamakan koalisi dibanding mene­tapkan siapa calon yang akan diusung.

“Memang kami telah melakukan penjaringan dan penyaringan dan telah mengusulkan beberapa orang calon ke DPP. Namun sebelum adanya putusan dari DPP, maka terlebih dahulu mencari partai koalisi,” terangnya.

Seperti diketahui, untuk pencalonan Pilkada yang akan datang di Padang Pariaman tidak satu partaipun yang bisa mengusung calonya dengan sendiri. Untuk mencapai 20  persen kursi di DPRD setempat sesuai UU Pilkada,  seorang calon harus diusung oleh partai yang memiliki 8 kursi di DPRD. Se­dangkan perolehan kursi tertinggi di DPRD Padang Pariaman hanya lima kursi, Yakni Partai Golkar dan Nasdem.     Maka untuk bisa mencalonkan pada Pilkada yang akan datang partai-partai tersebut harus berkoalisi. (h/ded)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]