266 Dosen Berpeluang Jadi Balon Rektor Unand


Jumat, 29 Mei 2015 - 18:39:59 WIB
266 Dosen Berpeluang Jadi Balon Rektor Unand

“Kita telah tetapkan agen­da dan jadwal pemilihan Rektor Unand untuk perio­de empat tahun ke depan. Kita berharap para dosen di lingkungan Unand yang me­menuhi semua persya­ratan yang diminta, ikut mendaft­ar­kan diri sebagai bakal calon,” ucap Firman.

Baca Juga : Hadiri Wirid di Perumda AM Padang, Hendri Septa Ajak Tingkatkan Kepedulian

Mengenai jadwal pemi­lihan, agenda dimulai de­ngan sosialisasi pemilihan rektor yang akan berlang­sung pada 27 Mei hingga 11 Juni 2015. Secara berturut-turut agenda dilanjutkan dengan pen­daftaran balon rektor pada 1-12 Juni, veri­fikasi administrasi dan pene­tapan balon pada 13-26 Ju­ni, pub­likasi dan sosialisasi balon pada 27 Juni-27 Juli.

Setelah publikasi dan so­sia­lisasi balon selesai, agenda dilanjutkan dengan pemilihan tingkat dewan dosen pada 29 Juli, rapat senat akademik dan penya­ringan balon menjadi 3 ca­lon pada 5 Agustus, rapat senat akademik dengan poin pemilihan rektor oleh senat bersama Menteri Riset, Tek­no­logi, dan Pendidikan Ting­­gi (Men­ristekdikti) pada 27 Agus­tus dan di­akhiri peng­usulan nama rektor terpilih ke Men­ristekdikti.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

Mengenai persyaratan yang harus dipenuhi oleh balon, Ketua Senat Unand Ardinis Arbain menjelaskan beberapa poin penting yang diperlukan.

Antara lain beru­sia di paling tinggi 60 tahun, berpendidikan Dok­tor (S3) dan memiliki jaba­tan paling rendah sebagai lector kepala, tidak sedang menjalani tugas belajar, ti­dak pernah dipidana berdasarkan pengadilan, ti­dak pernah melakukan plagiat dan beberapa per­syaratan wajib lainnya yang sudah umum.

Baca Juga : Pandemi Belum Reda, Warga Padang Takut Berobat ke Puskesmas

“Selain itu harus pula melengkapi berbagai keleng­kapan dokumen yang diper­lukan sebagai syarat ad­minis­trasi,” ucap Ardinis.

Rektor Unand Werry Darta Taifur yang turut hadir dalam jumpa pers menga­takan, sesuai dengan status Unand sebagai Per­guruan Tinggi berbentuk Badan Layanan Umum (BLU), ma­­ka kewenangan memilih rek­tor hanya di­miliki oleh dosen yang telah mem­punyai No­mor Induk Dosen Nasional (NIDN).

Baca Juga : Jumlah Penerima BST di Padang Berkurang 2 Ribu KPM

“Sebanyak 266 dosen bisa ambil bagian dalam pen­calonan ini. Diharapkan nanti dalam proses pemilihan tidak terjadi benturan apapun.

Syaratnya, tentu saja proses pemilihan dilakukan sesuai dengan makanisme dan kaedah yang berlaku,” ucap Werry.(h/mg-isq)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]