Tahun 2020, Seluruh Kabel Tembaga Telkom Sudah Diganti Fiber Optic


Ahad, 31 Mei 2015 - 19:29:07 WIB
Tahun 2020, Seluruh Kabel Tembaga Telkom Sudah Diganti Fiber Optic

Lebih jauh Dian Rach­ma­wan memapar­kan, Tel­kom te­lah mem­pers­iapkan jaringan fiber opticnya men­jangkau 7 juta rumah di Indonesia. Untuk mening­katkan jum­lah pelanggan, Telkom akan mengincar pelanggan rumah tangga dengan IndiHome yang me­nye­diakan tiga laya­nan tele­komunikasi, yaitu Internet, telepon rumah, dan televisi berlangganan ber­basis In­ternet Protocol (IPTV).

Baca Juga : Mantan Pilot AU Israel Sebut Pemerintah Negara Yahudi Tersebut adalah Penjahat Perang

IndiHome sendiri saat ini, telah memiliki 350 ribu pelanggan dan ditargetkan tumbuh menjadi 3 juta pada ujung 2015. Beberapa wila­yah yang jadi target utama adalah Jabodetabek, Ban­dung dan Surabaya. Namun di Sumatera sudah mulai masyarakat beralih ke IndiHome terutama yang sudah ada jaringan Fiber optic seperti, Medan, Batam, Pekanbaru, dan Padang.

Dian meyakini, kabel fiber optic akan menjadi tumpuan layanan tele­komu­nikasi di masa depan. “Ta­hun 2020 akan pakai fiber optic semua untuk jaringan ke rumah,” tuturnya.

Baca Juga : Presiden Erdogan Serukan Negara Muslim Lawan Israel

Telkom saat ini memiliki sekitar 2.500 teknisi yang bekerja dalam pembangu­nan infrastruktur jaringan pita lebar. Hingga akhir 2015 ini perusahaan me­nargetkan punya 10.000 sumber daya teknisi untuk membangun jaringan kece­patan tinggi itu. Dari angga­ran belanja modal Telkom tahun ini sebesar Rp 25 triliun sampai Rp 30 triliun, sekitar 30%nya dia­loka­sikan untuk pem­bangu­nan infrastruktur teleko­muni­kasi pita lebar. Semen­tara itu, 60% belanja modal ta­hun ini dialokasikan un­tuk anak perusahaannya yang bergerak di bisnis tele­komu­ni­kasi seluler, Tel­komsel dan sisanya untuk ekspansi internasional. Tel­kom me­ma­sang target pen­dapatan Rp 100 triliun di penghujung 2015.

Saat ini sedang meng­garap proyek jaringan fiber optic Luwuk Tutuyan Cable System (LTCS) yang meng­hubungkan Luwuk di Sula­wesi Tengah hingga Tutuyan di Sulawesi Utara dengan seppanjang 345 kilometer. Telkom menyebut Proyek-proyek sistem kabel ini de­ngan nama Indonesia Digital Network. Mengkhiri papa­rannya, Dian Rachmawan mengatakan, “Tahun 2020 nanti Telkom tidak hanya Juara di Udara tapi Juara di darat,” tutupnya.  (h/dj)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]