Kemenag Pasaman Butuh Teknisi Mengerti Theodolite


Ahad, 31 Mei 2015 - 19:31:06 WIB
Kemenag Pasaman Butuh Teknisi Mengerti Theodolite

“Meski saat ini kita telah memiliki alat yang mempermudah menentukan sudut vertikal dan horizontal, salah satunya menentukan arah kiblat yang tepat.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Namun belum adanya teknisi yang benar-benar bisa mengguna­kannya, maka hingga saat ini kita masih memanfaatkan kompas untuk menentukan sudut atau derajat untuk menentukan arah salat atau­pun saat pendirian musala dan masjid di daerah ini,” kata Hasyyu­nil.

Meski demikian, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pelati­han pada petugas yang akan ditugas­kan untuk memahami dengan baik alat tersebut, sehingga penentuan arah kiblat tersebut, dapat diper­mudah dengan memanfaatkan sistem theodolite tersebut.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

“Kami berencana memberikan pelatihan kepada 36 orang petugas yang ada di Kemenag, pada Juni 2015 ini dengan anggaran Rp30 juta. Pelatihan ini agar ada yang bisa menggunakan alat tersebut,” pung­kasnya.

Rencana jangka panjang, lanjut Hasyyunil, setelah adanya tim yang mengerti tentang penggunaan alat tersebut, nanti Kemenag Pasaman, juga berencana akan membentuk tim badan hisab dan rukyat. (h/col)

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]