Harga Telur Ayam Makin tak Terkendali


Ahad, 31 Mei 2015 - 19:45:52 WIB
Harga Telur Ayam Makin tak Terkendali

Anto, salah seorang pedagang telur di Pasar Lubuk Sikaping, me­nye­butkan, naiknya harga telur eceran kualitas nomor satu mencapai Rp1.900 perbutir karena di pusat distribusi telur harga dinaikan pe­dagang.

Baca Juga : Kapal Ramadan Mentawai Antarkan Bantuan 10 Ton Pangan dan Logistik

Ia menjual sampai tiga kategori telur ayam ras de­ngan tiga pilihan harga. Pe­matokan harga dise­suaikan dengan ukuran telur. Ada tiga ukuran telur ayam ras yang dijualnya. Ukuran besar telur itu mencapai harga Rp1.900 perbutir, ukuran menengah Rp1.800 perbutir dan ukuran kecil Rp1.700 perbutirnya.

Menurut Anto, naiknya harga telur karena tingginya permintaan dari luar Pro­vinsi Sumbar, seperti Jawa. Akibatnya, telur-telur dari sentra telur ayam ras di Sumbar, seperti Paya­kum­buh dan Limapuluh Kota lebih banyak memasok ke Jawa.

Baca Juga : SKB 3 Menteri tentang Seragam Sekolah Resmi Dibatalkan, Ketua LKAAM Sumbar: Negeri Ini Masih Punya Keadilan

“Karena tingginya per­mintaan dari luar provinsi itu, maka kami di dalam provinsi pun sepakat untuk menaikan harga,” te­rang­nya.

Haluan edisi 230 pada Sabtu, 30 Mei 2015 kemarin meng­himpun bahwa naiknya harga telur dari sentra peternak ayam ras di Payakumbuh dan Limapuluh Kota, karena disebabkan oleh naiknya harga pakan ayam. Selain harga pakan naik, harga campuran pakan ayam seperti jagung dan ikan kering juga sedang naik.

Meski harga telur melambung, namun ibu-ibu rumah tangga yang belanja ke pasar tetap memilih untuk beli telur. Pantauan Haluan, banyaknya ibu rumah tangga yang beli telur karena harga ikan pun merangkak naik.

Jika ada ikan yang masih stabil harga, namun kualitas ikannya sudah buruk. Misal saja, ikan dencis yang biasa dijual 30 ribu perkilogram kini naik menjadi Rp40 ribu. Demikian juga dengan jenis ikan lainnya. “Ikan saat ini juga ikut naik, kualitasnya pun buruk. Perut ikannya banyak yang sudah pecah. Karena itu, ikan jenis itu tidak bisa disimpan lama. Untuk cadangan sambal, kami sediakan telur ini,” ujar Ani, salah seorang ibu rumah tangga ditemui Haluan di pasar Lubuk Sikaping. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]