Kelembagaan Pengarusutamaan Gender dan Anak Lemah


Selasa, 02 Juni 2015 - 18:37:32 WIB
Kelembagaan Pengarusutamaan Gender dan Anak Lemah

Sekretaris BPPr dan KB Sumbar Asril mengatakan, permasalahan tersebut dian­taranya rendahnya kualitas hidup dan peran perem­puan, tingginya tindak keke­rasan terhadap perempuan dan anak, rendahnya kese­jah­teraan dan perlindungan anak, rendahnya peran pe­rempuan dalam proses poli­tik dan jabatan publik, ba­nyak­nya hukum dan peratu­ran perundang-undangan yang bias gender, disk­rimi­natif terhadap perempuan dan belum peduli anak serta lemahnya kelembagaan dan jaringan pengarusutamaan gender dan anak termasuk partisipasi masyarakat.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kesehatan Keuangan Pasca Lebaran

Dengan sejumlah perma­salahan ini, kata Asril pihak­nya menggelar rapat koordi­nasi dengan seluruh kabu­paten dan kota di Asrama Haji, Padang, Senin (1/6). Disamping itu, juga Rakor ini bertujuan menjaring aspi­rasi dari kabupaten dan ko­ta.

“Kadang ada BPPr dan KB yang sudah sangat aktif, namun tidak didukung oleh pihak lain. Ini kan jadi masa­lah. Ini perlu dicarikan solusinya,” ucapnya.

Baca Juga : Berniat Beli Emas Usai Lebaran? Ini Cara Cek Emas Asli dan Palsu

Asril juga melihat, saat ini kelembagaan dan jari­ngan pengarusutamaan gen­der dan anak masih lemah. Dikarenakan, di era desen­tralisasi timbul masalah kelembagaan dan jaringan di daerah, terutama yang mena­ngani masalah perempuan dan anak. Di tambah lagi meng­atasi persoalan ini, mem­butuhkan koordinasi lintas bidang, pusat, daerah dan antar SKPD.

“Karena itu, rakor ini melibatkan SKPD terkait, yaitu Bappeda, Bawasda, DPKA kabupaten/kota, LS­M, organisasi perempuan danlainnya,” ucap Asril.

Rakor ini juga mem­bahas tentang program pada 2016 mendatang. Seperti pemenuhan hak anak baik itu taman bermain dan lain­nya. Asrizal mengatakan, hingga saat ini target RPJ­MD bidang pengarusuta­maan gender sudah tercapai. Di tahun 2013, indeks pem­bangunan gender (IPG) men­­capai 70,57 dan indeks pemberdayaan gender (IDG) 65,40. (h/eni)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]