PAD Sektor Pariwisata Pesisir Selatan Rp 608 Juta


Selasa, 02 Juni 2015 - 18:41:22 WIB
PAD Sektor Pariwisata Pesisir Selatan Rp 608 Juta

Meski demikian, berba­gai upaya untuk menarik para wisatawan berkunjung ke objek wisata di kabupaten itu dalam mencapai target PAD tersebut tetap dilaku­kan pemkab setempat.

Baca Juga : Sudah Pulang ke Rumah, Korban Serangan Beruang di Sijunjung Berangsur Membaik

Upaya tersebut seperti meningkatkan pelayanan yang baik kepada pengun­jung serta meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana objek wisata se­hingga jumlah kunjungan wisata terus meningkat. Upa­ya tersebut dilakukan agar pengunjung merasa puas dan nyaman berada di objek wisata yang dituju.

Untuk mencapai target tersebut, pemkab tetap men­jadikan Objek wisata Pantai Carocok Painan seba­gai andalan utama diantara objek wisata lainnya yang ada di kabupaten itu.

Baca Juga : Pastikan Listrik Aman Saat Lebaran, PLN Sumbar Gelar Vicon dengan Jajaran

Objek wisata yang ter­letak di pusat kabupaten atau sekitar 75 kilometer dari Kota Padang itu rata-rata pengunjung sebanyak 5-6 ribu orang per hari, bahkan pada hari-hari libur, pengun­jung mencapai belasan ribu orang per hari.

Khusus pada hari raya Idul Fitri, rata-rata pengun­jung ke objek wisata yang berdekatan dengan objek wisata Bukit Langkisau Pai­nan itu (Pantai Carocok) mencapai 30 ribu - 36 ribur orang per hari.

Kepala Bidang Pari­wisa­ta Pesisir Selatan Harmaini, mengatakan, sejak Januari hingga 31 Mei 2015 jumlah kunjungan wisata ke ber­bagai objek yang ada di ka­bu­paten itu sebanyak 400 ribu orang.

Khusus Pantai Carocok Painan dan Puncak Bukit Langkisau pengunjung seba­nyak 320 ribu orang dan realisasi PAD dari sektor tersebut hingga 31 April 2015 sebanyak Rp608 juta.

Pemkab juga melakukan berbagai kegiatan atau ajang lain dalam mengejar tagret PAD seperti Festival Lang­kisau, Festival Mandeh, per­tandingan volli pantai ting­kat nasional.

Kegiatan lainnya yakni lomba mancing di laut lepas, Tour de Singkarak (TdS), lomba paralayang tingkat internasional dan mengikuti berbagai pameran kebu­dayaan di tingkat Provinsi Sumbar, nasional, bahkan internasional. (h/mjn)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]