Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik


Selasa, 02 Juni 2015 - 18:42:17 WIB
Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik

Harga bawang merah sudah mencapai Rp24 ribu per kilo padahal sebelumnya harga bawang merah berkisar Rp16 ribu per kilo. Menyusul ayam potong yang biasanya hanya Rp35 ribu per kilo sekarang sudah Rp40 ribu per kilo.

Baca Juga : Joe Biden Tarik Tentara Amerika dari Afghanistan Per 1 Mei

Antoni pedagang Inpres I Pasar Raya Padang, menuturkan minggu kedua Mei ini pergeseran harga sudah mulai terjadi ditam­bah menyambut Ramadan yang tinggal dua minggu lagi. Diperkuat dengan stok barang yang sudah mulai tersendat dari pemasok.

"Pergeseran harga sudah mulai terjadi walaupun belum melam­bung," tutur Antoni.

Baca Juga : Penembakan di New York Tewaskan Bayi, Pria 23 Tahun Ditangkap

Ia menambahkan, perubahan harga biasanya menjelang rama­dan dan mendekati lebaran me­mang tidak bisa dihindari walau­pun pemerintah sudah mencoba mengendalikannya.

"Mudah-mudahan jangan sam­pai terjadi lonjakan harga, jika terjadi lonjakan harga maka kami pedagang juga mengalami ke­sulitan," kata Antoni lagi.

Baca Juga : Netanyahu Terkejut, Tentara Israel Bakar Diri karena Trauma Perang

Sementara itu, pedagang ece­ran di warung P&D seputar Tabing menjual telur per butir sudah mulai naik dari Rp1.200 per butir sekarang naik Rp1.500 per butir. Menyusul minyak goreng Rp14 ribu per kilo, begitu juga di Pasar Satelit Tabing harga kebutuhan pokok juga sudah mulai naik.

"Memang semua kebutuhan pokok menjelang tahun ajaran baru dan menjelang ramadan naik. Semoga naiknya  tidak sampai 100 persen," harap Ani, pedagang P&D di Tabing.

Baca Juga : Terapkan Prokes Ketat, Saudi Wajibkan Vaksinasi Covid-19 untuk Jamaah Dua Masjid Suci

Menanggapi harga sembako yang sudah mulai naik, Sekretaris Dinas Perdagangan Perindustrian Pertambangan dan Energi (Dispe­rindagtamben) Kota Padang Nasril mengatakan jika harga melambung tinggi nantinya maka operasi pasar dilakukan. Namun, sejauh ini perubahan harga belum berpengaruh besar bagi masyarakat.

"Kenaikan masih tergolong normal. Jika sudah sampai melejit atau 100 persen naiknya kita akan operasi pasar. Tapi kita lihat nantilah," tutupnya. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]