Kemendagri Jamin Ketersediaan Anggaran Pilkada


Selasa, 02 Juni 2015 - 18:54:00 WIB
Kemendagri Jamin Ketersediaan Anggaran Pilkada

Donny itu mengatakan, untuk menjamin hal tersebut Kemendagri akan berkoordinasi dengan Bawaslu terkait anggaran pengawasan daerah. Pasalnya, diketahui jumlah daerah yang sudah menyelesaikan anggaran untuk pengawasan baru sekitar 25 persen per pekan lalu.

Baca Juga : DPC Demokrat Solsel Tolak KLB di Medan, Dede Pasarela: Inkonstitusional!

“Rabu ini kita akan bertemu dengan Bawaslu, juga kita katakan mendukung kalau perlu gunakan Mendagri untuk mempush daerah,” ujarnya.

Donny melanjutkan, pada intinya semua daerah  harus menyediakan anggaran untuk Pilkada di daerahnya, bukan hanya penyelenggaraan dan pengawasan tetapi juga terkait pengamanan Pilkada. Namun menurutnya, ketersediaan anggaran tersebut juga perlu disesuaikan dengan ketersediaan fiskal di daerah tersebut.

Baca Juga : Andi Mallarangeng Sindir Moeldoko: Ada Begal Partai yang Nafsu Berkuasa

“Intinya tidak ada masalah dengan pembiayaan Pilkada, siap dan cukup bukan hanya KPU, Bawaslu juga dan PAM,” ucapnya. Meski begitu, ia mengatakan laporan di daerah terkait masih banyaknya anggaran pengawasan Pilkada belum rampung dikarenakan beberapa hal termasuk belum adanya pengajuan ke daerah. Selain itu, masih ada juga Panwas Kabupaten/Kota yang belum terbentuk.

“Ada juga yang kemudian belum punya rekening, bahkan ada yang belum terbentuk panwasnya, makanya itu kita kordinasikan ke Bawaslu besok,” jelasnya.

Baca Juga : Beredar Isu Diimingi Uang Seratus Juta Ikut KLB, Demokrat Sumbar Tidak Tergiur

Untuk anggaran Pilkada untuk KPUD saat ini terpantau aman, 268 daerah diketahui sudah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Untuk pencairannya sendiri, ia memastikan akan berlangsung sebelum 3 Juni. “Selanjutnya kami memberi perintah untuk segera mencairkan dan memastikan dana telah diterima di rekening KPUD dan Bawaslu tanggal 1 juni sampai batas akhir 3 juni,” tandasnya. (h/rol)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]