Dimutasi, PN Painan Hanya Punya 3 Hakim


Selasa, 02 Juni 2015 - 19:06:17 WIB
Dimutasi, PN Painan Hanya Punya 3 Hakim

Dengan keluarnya Ah­mad Sumardi dan Radius, otomatis di PN Painan hanya tersisa 3 orang. Kini PN Painan hanya tinggal 3 orang hakim dengan KPN-nya.

Baca Juga : Trans Mentawai Wahana Strategis Pemasaran Pertanian ke Daerah

Painan adalah sebuah kota kecil yang menjadi Ibu Kota Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Kota ini masuk ke dalam wilayah Kecamatan IV Jurai yang dapat diakses melalui Jalan Raya Lintas Sumatera bagian Barat. Painan dapat ditem­puh kurang lebih 3 jam dari Padang,

Dalam setahun, PN Pai­nan umumnya menangani 150-an perkara dengan di­tam­bah sidang tilang dan tipi­ring yang mencapai jumlah ratusan. Dengan hanya me­miliki 3 hakim, maka dikha­watirkan layanan kepada pencari keadilan menjadi terhambat. Sebab jika ada satu hakim yang berha­la­ngan, maka sidang mau tidak mau akan ditunda dan ber­akibat pada lamanya proses sidang.

Baca Juga : Persiapan Penandatanganan MoU, Disperindagkop dan UKM Pariaman Kunker ke Pekanbaru

Permasalahan sedikitnya hakim ini disebabkan ba­nyak faktor. Seperti penem­patan hakim yang tidak me­ra­ta hingga karena ku­rang­nya hakim akibat lima tahun tera­khir tidak ada rekrutmen hakim. Alih-alih akan me­rek­rut hakim, sekelompok hakim agung malah meng­ganjal­nya dengan menggugat ke Mah­kamah Konstitusi (MK) ter­kait rekrutmen hakim yang akan dilakukan oleh Komisi Yudisial (KY) dan Mah­ka­mah Agung (MA). Alhasil, rekrutmen lagi-lagi harus tertunda.(h/net)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]