Padang Diperkirakan Alami Peningkatan Inflasi


Rabu, 03 Juni 2015 - 19:05:31 WIB
Padang Diperkirakan Alami Peningkatan Inflasi

Dikatakan Kepala BPS Sumbar Yomin Tofri pada Haluan, Rabu (3/6) bahwa peningkatan inflasi terjadi setiap memasuki Ramadan dan Lebaran. Padahal, stok kebutuhan pokok masih mencukupi di pasaran. “Stok men­cukupi, tapi harga naik. Ini artinya ada pihak yang sudah mulai mena­ikkan harga di pasaran. Hal ini perlu keseriusan peme­rintah dan kesadaran se­mua pihak agar inflasi tetap terkendali,” ujarnya.

Baca Juga : Digelar dengan Kondisi Khusus, Tahun Ini Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji

Lebih lanjut dika­ta­kannya, inflasi akan lebih stabil jika peme­rintah daerah mampu men­jamin ketersediaan pasokan ba­rang dan me­mastikan tidak ada spe­kulan yang mema­faatkan momen de­ngan menaik­kan harga ketika permin­taan me­ning­kat.

Sementara itu, sampai Mei tahun ini, laju inflasi kalender Kota Padang masih tercatat deflasi sekitar 2,83 persen dan Bukittinggi deflasi 1,35 persen. Sedangkan laju inflasi year on year (yoy) dibandingkan Mei tahun lalu, Padang masih inflasi 7,86 persen dan Bukit­tinggi 5,95 persen.

Baca Juga : Lonjakan Covid-19 di India Makin Mengkhawatirkan, WHO Sebut Disebabkan Varian yang Lebih Menular

Dia menjelaskan, in­fla­si di dua daerah terse­but disebabkan terjadi pening­katan indeks se­jumlah kelompok penge­luaran. Untuk Kota Pa­dang, ke­lompok bahan makanan mengalami in­flasi 2,24 persen, makanan jadi, mi­numan, rokok dan tem­bakau 0,12 persen, pe­rumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar se­besar 0,03 persen, sandang 0,16 persen, kesehatan 0,10 per­sen, pendidikan, rek­reasi, dan olahraga 0,36 persen, dan kelom­pok transportasi, komu­nikasi dan jasa keu­angan 0,10 persen.

Sementara di Kota Bu­kittinggi, kelompok bahan makanan meng­alami in­flasi 1,72 persen, makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,64 persen, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 1,27 persen, kesehatan 0,18 persen, pendidikan, rek­reasi dan olahraga 0,02 persen, dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keu­angan 0,04 persen. Seda­ngan kelom­pok sandang deflasi 0,11 persen. (h/mg-win)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]