Sepanjang 2014, Kantor Imigrasi Deportasi 14 WNA


Rabu, 03 Juni 2015 - 19:06:05 WIB
Sepanjang 2014, Kantor Imigrasi Deportasi 14 WNA

Adapun 10 WNA yang dideportasi itu kata Teguh, diantaranya satu orang WNA asal China, 12 orang WNA asal Malaysia dan satu orang WNA asal Pakistan. Deportasi WNA selama tahun 2014 jauh meningkat dibanding deportasi yang dilakukan pada tahun 2013 yang hanya sebanyak tiga WNA yang berasal dari Malaysia.

Baca Juga : Berpulang ke Rahmatullah di Momen Lebaran Karena Covid-19, Berikut Perjalanan Karir Amri Darwis

Sedangkan untuk tahun 2015 ini, juga telah dideportasi sebanyak tiga WNA asal malaysia, (satu orang laki-laki dan dua perempuan). Umumnya WNA yang di deportasi tersebut berasal dari Malaysia. Mereka yang didepotasi itu umumnya memiliki dokumen keimig­rasiannya yang lengkap namun izin tinggalnya telah berakhir.

“Dalam rangka penegakan UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, maka Kantor Imigrasi Kelas II Bukittinggi akan melakukan pemantauan dan pengawasan  lebih ketat lagi terhadap aktivitas WNA di Sumbar, khususnya di wilayah kerja Kantor Imigrasi kelas II Bukittinggi. Disamping itu, pihaknya juga terus melakukan kordinasi dengan pihak kepolisian dalam upaya pemantauan dan pengawasan WNA tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga : Sumbar Siapkan 50 Persen Jalur Zonasi pada PPDB 2021

Terkait dengan 16 orang WNA asal Bang­lades yang diamankan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Bukittinggi pada Februari lalu, Teguh menjelaskan dimana WNA asal Banglades yang diamankan tersebut telah dikirim ke rumah detensi imigrasi di Pekanbaru. Untuk tindak lanjutnya, maka kantor Imigrasi Pekanbaru yang akan memprosesnya.

“WNA Banglades yang kita amankan tersebut telah kita kirim ke kantor Imigrasi Pekanbaru. Dan mereka nantinya yang akan memproses sekaligus mengirimkan WNA Banglades tersebut kenegara asalnya,” pungkas Teguh.

Kepala Subseksi Informasi Wildan menam­bahkan, Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Bukittinggi mencakup tiga kota dan lima kabupaten di Sumbar, yang terdiri dari Kota Bukit­tinggi, Kota Paya­kum­buh dan Kota Padang Panjang. Untuk Kabupaten yakni Kabu­paten Agam, Kabupaten 50 kota, Kabupaten Tanah Datar, Kabu­paten Pasaman dan Kabu­paten Pasaman Barat.

“Kantor Imigrasi Kelas II Bukittinggi selalu memberikan  pelayan yang baik dan cepat terhadap masyarakat di delapan wilayah kerja tersebut. Dan saat ini, Kantor Imigrasi Kelas II Bukittinggi juga sudah ada loket pelayanan untuk lansia dan ruangan untuk ibu menyusui. Disam­ping itu juga sudah menerapkan pelayanan keimigrasian berupa One Stop Service (OSS),” ujar Wildan. (h/tot)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]