Korsel Gelar Uji Coba Rudal


Rabu, 03 Juni 2015 - 19:15:50 WIB
Korsel Gelar Uji Coba Rudal

Disebutkan bahwa Pre­siden Park Geun-hye men­datangi pangkalan rudal di pantai barat negara tersebut untuk mengawasi langsung uji coba rudal. Uji coba ini disebut akan menjadi bagian penting dalam pertahanan Korsel untuk menghadapi ancaman nuklir dan rudal Korut.

Baca Juga : Di Tengah Pandemi, Sejumlah Daerah di Tanah Air Alami Perbaikan Pertumbuhan Ekonomi

“Uji coba ini menun­jukkan kemampuan rudal balistik yang telah dikem­bangkan, yang mampu menyerang seluruh bagian wilayah Korea Utara dengan cepat, dan dengan ketepatan, dalam agresi bersenjata atau provokasi,” demikian per­nyataan Blue House, atau Kantor Presiden Korsel.

Uji coba rudal Korsel ini terjadi selang sebulan setelah Korut mengklaim pihaknya berhasil melaku­kan uji coba rudal balistik yang dilun­curkan dari kapal selam. Jika klaim itu benar adanya, ma­ka ini berarti kemampuan rudal Korut mengalami ke­ma­juan. Wa­lau­pun banyak pengamat dan pemimpin militer AS mempertanyakan klaim Ko­rut tersebut.

Baca Juga : Petani Belum Panen, Harga Sayur Beranjak Naik di Pasar Raya Padang

Sementara itu, rudal Kor­sel yang diuji coba ini merupakan yang pertama dikembangkan di bawah panduan terbaru yang dise­pakati dengan AS pada ta­hun 2012 lalu. Salah satu poin dalam kesepakatan itu ialah jangkauan rudal yang dua kali lipat lebih jauh dari sebelumnya, demi menang­kal kemampuan rudal ne­gara tetangganya, Korut.

Selama ini Korut sendiri telah mengerahkan rudal-rudalnya dengan berbagai macam jangkauan.

Negeri komunis itu juga diyakini tengah mengem­bangkan rudal antar benua yang di­mak­sudkan untuk mem­bawa senjata nuklir. Korut tetap melakukan uji coba rudal meskipun men­dapat berbagai macam sanksi dari PBB. (h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]