Warga Ranah Pesisir Temukan 18 Mortir dan 4 Magazine


Rabu, 03 Juni 2015 - 19:21:29 WIB
Warga Ranah Pesisir Temukan 18 Mortir dan 4 Magazine

“Ketika didekati teryata benda aneh tersebut sejenis mortir, seperti yang pernah ditemukan warga beberapa bulan yang lalu,” terang nya.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

Menurutnya, karena ta­kut meledak ia bersama warga lainnya segera me­laporkan temuan tersebut ke Danramil Ranah Pesisir Kapten Arh. Warsidi di Ba­lai Selasa

Terkait laporan itu, per­sonil Kodim 0311 Pesisir Selatan menerjunkan tim  untuk melakukan olah lo­kasi penemuan mortir ter­sebut. Pjs. Dan Unit Intel Kodim 0311 Serma Antoni ber­sama 4 personil me­lun­cur ke lokasi. Pukul 15.30 WIB, setelah berjalan ham­pir 4 kilometer lebih, per­sonel Kodim 0311 bersama warga akhirnya sampai di Bukit Air Panjang.

Baca Juga : Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM

Namuns personil Kodim 0311  harus melakukan pen­­­carian selama dua jam lebih akibat titik penemuan awal kabur. Setelah dua jam me­nyisir Bukit Air Panjang akhirnya ditemukan 18 mor­tir dan 4 buah magazine jenis stand yang tertimbun mat­erial tanah yang jaraknya berdekat - dekatan. Untuk mengamankan temuan itu, aparat menggunakan karung mortir dan magazine.

Dandim 0311 Pesisir Selatan Letnan Kolonel Inf. Joko Maryanto S.IP melalui Pasi Intel Kodim 0311 Pai­nan Kapten Inf.B. Sagala di kan­tornya menjelaskan, un­tuk menindak lanjuti pene­muan mortir dan ­magazine di daerah tersebut Kodim 0311 akan membentuk tim khusus untuk target operasi selanjutnya.

”Kita, khawatir masih ada mortir ataupun jenis lainnya yang terpendam di sana. Untuk itu kita masih cari informasi di lapangan,” terang Sagala.

Sagala menambahkan, mortir dan magazine se­men­tara diamankan di Kodim 0311 sebelum diserahkan Denpal ( Dentasemen Pe­ralatan) untuk diselediki apakah mortir dan  ma­gazine ini aktif atau tidak. Nantinya disimpan di gu­dang amunisi Bukittinggi .

“ 18 mortir dan 4 buah ma­gazine jenis stand di­aman­kan. Setelah adi­mi­nistrasi selesai, kita serahkan ke Denpal Bukittinggi,” jelasnya. (har)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]