Ada Spekulan di Pasar Raya


Rabu, 03 Juni 2015 - 19:24:27 WIB
Ada Spekulan di Pasar Raya

Intelijen akan mem­ben­tuk satuan petugas yang nantinya melakukan peman­tauan ke lapangan. “Jika terbukti ada monopoli, peda­gang bersangkutan bisa lang­sung dijerat hukum, tanpa perlu ke Gubernur,” terang­nya usai rapat per­siapan Ramadan Senin lalu.

Baca Juga : Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Irwan menuturkan, Pa­sar Raya Padang masih ren­tan dengan permainan harga ko­moditas seperti cabai me­rah dan bawang. Ada in­dikasi terdapat kelom­pok pedagang yang berse­kong­kol menguasai dan me­ngatur pemasaran sekaligus har­ga. Sehingga pedagang lain tidak bisa ikut bersaing secara sehat.

”Akibatnya, harga cabai bergejolak dan memicu in­flasi tinggi. Berdasar Un­dang-Undang Nomor 5 Ta­hun 1999 tentang La­rangan Praktik Monopoli dan Per­saingan Usaha Tidak Sehat, kegiatan perse­kong­kolan bisa dijerat pidana denda,” terangnya.

Baca Juga : H-6 Lebaran, Pantai Purus Padang Sepi Pengunjung

Kepala Dinas Perin­dus­trian dan Perdagangan (Dis­perindag) Sumbar, Mudrika me­ngatakan, salah satu pe­nye­bab pasokan cabai lokal lari ke pasar luar Sumbar karena permainan kelom­pok pedagang besar.

”Mereka memilih men­dahulukan pembongkaran truk cabai dari pulau Jawa, akibatnya petani cabai lokal lebih memilih menjual hasil produksinya keluar daripada busuk di dalam truk, im­basnya harga cabai di pasar raya diatur oleh kelompok pedagang besar,” ujarnya.

Saat ini kata Mudrika, Disperindag secara intensif telah menurunkan pengawas ke lapangan. Kalau dite­mukan kenakalan per­da­gangan, akan langsung dila­porkan pada pihak kepo­lisan.

Khusus untuk komoditas cabai kata Mudrika, Dis­perindag menjamin tidak akan terjadi kekurangan stok selama Ramadan. Me­ngi­ngat berdasar perhi­tu­ngan antara ketersediaan dan ke­butuhan bulanan, cabai me­ngalami surplus men­capai 1.254 ton.

”Ketersediaan kita saat ini 4.320 ton dan kebutuhan 1.837 ton sehingga masih surplus. Ditambah lagi, da­lam waktu dekat akan ma­suk masa panen cabai merah lokal,” tutupnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]