Buya Mas’oed: Jangan Asyik Bertengkar Terus


Rabu, 03 Juni 2015 - 19:25:21 WIB

Sebagai salah satu tokoh yang memahami seluk beluk dana rajawali, Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar dela­pan periode itu menjelaskan, bantuan dari PT Rajawali Corp itu diperuntukkan bagi masya­rakat Sumbar tanpa pengecualian, bukan milik kelompok, per­orangan, kepala daerah ataupun tokoh-tokoh yang menjadi utusan masyarakat Sumbar dalam me­n­dapatkan dana tersebut pada 2006 yang lalu.

“Dana itu milik masyarakat Sumbar. Karena masyarakat kita ini beradat dan beragama, maka­nya dana tidak dibagi-bagikan sama rata, melainkan diamanah­kan kepada pemerintah dalam hal pengelolaannya. Kalau akan di­bagi-bagikan, sebentar saja sudah habis dana itu, tapi karena kita beradat dan beragama, maka dipikirkan kepentingan dan ke­bai­kan jangka panjang di da­lamnya,” jelasnya lagi.

Karena dana diputuskan un­tuk kepentingan bersama, lanjut Mas’oed, maka dipilihlah jalur pendidikan sebagai jalan peman­faatannya, bisa jadi berupa bea­siswa pendidikan dan sebagainya. Oleh karena itu diamanahkan kepada pemerintah untuk penge­lolaannya, mengingat dalam hal ini pemerintahlah yang berkom­peten soal pengelolaan dana.

“Sekarang sibuk dorong-men­­dorong soal pengelolaan. Jangan dipersulit masalah itu. Pahami dulu dana itu dana apa. Jika memang kehabisan akal untuk mengelolanya, ajaklah para tokoh untuk duduk selingkar membicarakannya. Jika dipikir­kan bersama demi kebaikan ber­sama, tentu ada jalan keluar yang dihasilkan nantinya,” tutup Mas’oed.

Total dana hibah dari PT Rajawali kepada masyarakat Sumbar adalah senilai 5 juta dolas AS, mengingat dana tersebut telah mengendap lebih dari lima tahun di rekening pemerintah provinsi (pemprov) Sumbar, diperkiraan total dana tersebut telah mencapai Rp65 miliar. (h/mg-isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]