PADANG, HALUAN — Pemko Padang dalam waktu lima tahun ke depan akan bangun jalan baru dengan total anggaran sekitar Rp500 miliar. Ditargetkan ada 12 ruas jalan baru yang akan dibangun untuk mendukung mobilitas di Kota Padang.

Jalan arteri tersebut di antaranya, dari S. Parman - SMA 1 Padang - Khatib Sulaiman - Gunung Pangilun. Kemudian ruas jalan Akper Siteba - Gurun Laweh Nanggalo - Kampuang Marapak Kuranji – Kalumbuk - By Pass-Korong Gadang-Kuranji-Lumbung Bukik - Gunung Nago. "> PADANG, HALUAN — Pemko Padang dalam waktu lima tahun ke depan akan bangun jalan baru dengan total anggaran sekitar Rp500 miliar. Ditargetkan ada 12 ruas jalan baru yang akan dibangun untuk mendukung mobilitas di Kota Padang.

Jalan arteri tersebut di antaranya, dari S. Parman - SMA 1 Padang - Khatib Sulaiman - Gunung Pangilun. Kemudian ruas jalan Akper Siteba - Gurun Laweh Nanggalo - Kampuang Marapak Kuranji – Kalumbuk - By Pass-Korong Gadang-Kuranji-Lumbung Bukik - Gunung Nago. " /> PADANG, HALUAN — Pemko Padang dalam waktu lima tahun ke depan akan bangun jalan baru dengan total anggaran sekitar Rp500 miliar. Ditargetkan ada 12 ruas jalan baru yang akan dibangun untuk mendukung mobilitas di Kota Padang.

Jalan arteri tersebut di antaranya, dari S. Parman - SMA 1 Padang - Khatib Sulaiman - Gunung Pangilun. Kemudian ruas jalan Akper Siteba - Gurun Laweh Nanggalo - Kampuang Marapak Kuranji – Kalumbuk - By Pass-Korong Gadang-Kuranji-Lumbung Bukik - Gunung Nago. " />

Pemko Padang Bangun 12 Ruas Jalan Baru


Rabu, 03 Juni 2015 - 19:35:31 WIB

Wakil Walikota Padang Emzalmi didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang, Rabu (3/6) menuturkan, pembangunan jalan tersebut merupakan kebutuhan mendesak, sejak lima tahun terakhir tidak ada pembangunan jalan baru di Kota Padang.

“Beberapa tahun belakangan kita tidak ada membangun jalan baru, “ ujar Emzalmi.

Selain itu kata Emzalmi, juga ada pelebaran jalan pada lingkar Timur Kota Padang, yakni Banda Buek - Pasa Baru - Simpang Koto Tingga - Durian Taruang - Kuranji. Dari Kuranji dilanjutkan arah Belim­bing-Gunung Sarik-Sungai Lareh - Lubuk Minturun - By Pass Tabing.

“Kemudian juga dilanjutkan dengan penyelesaian jalur Bungus - Pegambiran-Indarung. Hanya saja khusus untuk jalur ini perlu adanya kesepakatan tentang lahan dengan masyarakat,” terangnya.

Rencana pembangunan jalan tersebut rencananya menggu­nakan anggaran dari Pemko Pa­dang untuk pembebasan lahan, kemudian untuk kontruksi dimo­honkan pada APBD Provinsi Sumbar serta APBN. Pengerja­annya diperkirakan membutuh­kan anggaran sekitar Rp500 miliar.

“Ini harus kita selesaikan dalam lima tahun kedepan, pe­nganggaran dimulai pada 2016, karena kebutuhan jalan di Kota Padang sangat mendesak. Jika tidak akan sulit membebaskan lahan,” tutupnya.

Sementara ita, pada Ang­garan Pendapatan Belanja Da­erah (APBD) Kota Padang ta­hun 2015 untuk operasional dan peme­liharaan rutin ini men­capai Rp2,85 Miliar. Namun, anggaran tersebut ternyata tidak menyen­tuh seluruh jalan berlu­bang yang ada di Kota Padang. ini terbukti masih banyak titik-titik jalan berlobang yang belum di tambah sulam, terutama jalan yang meng­hubungkan antar kecamatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang Muswendry Evytes melalui Kabid Bina Pro­gram PU Fadelan menjelaskan tambal sulam jalan raya di Kota Padang dengan anggaran Rp2,85 Miliar tersebut tersebar di seluruh Kota Padang.(h/mg-isr/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]