Pemko Padang Bangun 12 Ruas Jalan Baru


Rabu, 03 Juni 2015 - 19:35:31 WIB
Pemko Padang Bangun 12 Ruas Jalan Baru

Wakil Walikota Padang Emzalmi didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang, Rabu (3/6) menuturkan, pembangunan jalan tersebut merupakan kebutuhan mendesak, sejak lima tahun terakhir tidak ada pembangunan jalan baru di Kota Padang.

“Beberapa tahun belakangan kita tidak ada membangun jalan baru, “ ujar Emzalmi.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Lakukan Bedah Rumah yang Ketiga

Selain itu kata Emzalmi, juga ada pelebaran jalan pada lingkar Timur Kota Padang, yakni Banda Buek - Pasa Baru - Simpang Koto Tingga - Durian Taruang - Kuranji. Dari Kuranji dilanjutkan arah Belim­bing-Gunung Sarik-Sungai Lareh - Lubuk Minturun - By Pass Tabing.

“Kemudian juga dilanjutkan dengan penyelesaian jalur Bungus - Pegambiran-Indarung. Hanya saja khusus untuk jalur ini perlu adanya kesepakatan tentang lahan dengan masyarakat,” terangnya.

Rencana pembangunan jalan tersebut rencananya menggu­nakan anggaran dari Pemko Pa­dang untuk pembebasan lahan, kemudian untuk kontruksi dimo­honkan pada APBD Provinsi Sumbar serta APBN. Pengerja­annya diperkirakan membutuh­kan anggaran sekitar Rp500 miliar.

“Ini harus kita selesaikan dalam lima tahun kedepan, pe­nganggaran dimulai pada 2016, karena kebutuhan jalan di Kota Padang sangat mendesak. Jika tidak akan sulit membebaskan lahan,” tutupnya.

Sementara ita, pada Ang­garan Pendapatan Belanja Da­erah (APBD) Kota Padang ta­hun 2015 untuk operasional dan peme­liharaan rutin ini men­capai Rp2,85 Miliar. Namun, anggaran tersebut ternyata tidak menyen­tuh seluruh jalan berlu­bang yang ada di Kota Padang. ini terbukti masih banyak titik-titik jalan berlobang yang belum di tambah sulam, terutama jalan yang meng­hubungkan antar kecamatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang Muswendry Evytes melalui Kabid Bina Pro­gram PU Fadelan menjelaskan tambal sulam jalan raya di Kota Padang dengan anggaran Rp2,85 Miliar tersebut tersebar di seluruh Kota Padang.(h/mg-isr/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]