29 Warga Kelayang Diduga DBD


Kamis, 04 Juni 2015 - 20:36:50 WIB

Menurutnya, seorang Bi­dan TKT yang meninggal dunia tersebut positif di­serang DBD. Ini ber­dasar­kan hasil laboratorium RS Ibnu Sina Air Molek. Ke­mudian, korban balita ter­sebut belum dapat di­pas­ti­kan meninggal dunia karena DBD atau tidak, tetapi su­dah suspect.

“Bidan Yentri meninggal dunia sekitar tiga pekan lalu, sedangkan korban balita meninggal dunia empat hari lalu. Sejak pertengahan bu­lan Maret 2015 hingga 3 Juni 2015, tercatat sudah 29 orang pasien suspect DBD  ditangani Puskesmas Polak Pisang. Para pasien ini ter­diri dari orang dewasa dan anak - anak,” sebutnya.

Masih menurut Das­wan­di, menyikapi hal ini, pihak­nya terus melakukan ber­bagai tindakan untuk me­ngan­tisipasi merebaknya wabah DBD, seperti sosiali­sasi kepada masyarakat dan pemberian obat-obatan.

“Kami selalu men­gan­jur­kan masyarakat agar me­la­kukan tiga M, plus secara serentak memakai lotion anti nyamuk pada pagi dan sore hari. Kemudian, untuk mengantisipasi berkembang biaknya nyamuk dewasa, kami sudah melakukan fog­ging (pengasapan) di­be­be­rapa wilayah di Kecamatan Kelayang. Namun yang ter­penting, kebersihan ling­kungan sangat perlu dila­kukan dan memberantas tempat-tempat yang ber­potensi ber­kembangbiaknya nyamuk,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu, Suhardi, be­berapa waktu lalu menga­takan, sejauh ini wabah DBD belum ada peningkatan yang signi­fikan, hanya saja pen­ye­baran nya berpidah dari satu wilayah kecamatan ke ke­camatan lain.

“Kita harus tetap was­pada, kebersihan sekitar rumah perlu diperhatikan. Kami telah mengambil lang­kah-langkah untuk mengan­tisipasi merebaknya DBD, dan ini sudah kami instruk­sikan ke semua Puskesmas di kabu­paten ini,” terangnya. (h/eka)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:01:36 WIB

    29 Oknum Polisi Riau Dipecat

    PEKANBARU, HALUAN — Kepolisian Daerah (Polda) Riau telah memecat 29 oknum polisi sejak Januari hingga September 2016. Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan penyakit yang ada di tubuh kepolisian..
  • Senin, 16 Mei 2016 - 04:13:03 WIB

    29 Warga Busung Dapat Rumah Tipe 36

    Batam, Haluan — Se­banyak 29 Kepala Keluarga (KK) di Desa Busung, Ke­camatan Seri Kuala Lobam (SKL) akan mendapatkan rumah tipe 36 dari Ke­men­trian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Ke­menpupera) RI. Rumah gratis y.
  • Senin, 09 Mei 2016 - 03:56:39 WIB

    16.329 Pelajar SMP Pekanbaru Ikuti UN

    16.329 Pelajar SMP Pekanbaru Ikuti UN Pekanbaru, Haluan — Sebanyak 16.329 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat Kota Pekanbaru, Provinsi Riau akan mengikuti Ujian Nasional (UN) akhir pada Senin (9/5)..
  • Rabu, 06 April 2016 - 03:06:33 WIB

    29 Warga Binaan Lapas Ikuti Ujian Paket C

    29 Warga Binaan Lapas Ikuti Ujian Paket C PEKANBARU, HALUAN — Pelaksanaan Ujian Nasional Paket C di dalam Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pekanbaru, diikuti sebanyak 29 warga binaan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]