663 Siswa Pasaman Lulus SNMPTN 2015


Kamis, 04 Juni 2015 - 20:39:48 WIB
663 Siswa Pasaman Lulus SNMPTN 2015

Dari 3.378 peserta Ujian Nasional untuk siswa SMA sederajat, dinyatakan lulus semuanya dari hasil ujian nasional murni, kecuali bagi siswa yang sudah drop-out dan berhenti sebelum pelak­sanaan UN.

Baca Juga : Selama Larangan Mudik, Sebanyak 300 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Sumbar

Meski demikian, tahun ini Kabupaten Pasaman be­lum mengetahui pada ting­ka­tan berapa dalam pelaksa­naan UN untuk siswa SMA sederajat tahun 2015 ini.

“Kita tidak diberitahu rangking berapa dalam pe­lak­sanaan UN tahun ini, karena memang dari pro­vinsi tidak ditekankan me­ngenai rangking. Namun, yang menjadikan prestasi suatu daerah adalah semakin banyaknya siswa lulusan suatu daerah yang diterima di perguruan tinggi negeri,” ujar Kamarullah.

Baca Juga : Dibangun dalam Waktu Sangat Singkat, Masjid Ihsan Sungai Patai Sudah Dibuka

Kamarullah melan­jut­kan, hasil SNMPTN tahun 2015, siswa-siswa lulusan dari Kabupaten Pasaman mampu menempati kursi perkuliahan 663 orang. Ha­sil ini belum termasuk pene­rimaan hasil Seleksi Bersa­ma Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2015 yang akan digelar Juli mendatang.

Dari data yang telah di­him­pun oleh Dinas Pendi­dikan Kabupaten Pasaman, seba­nyak  663 orang siswa yang lulus SNMPTN itu, menyebar pada sejumlah sekolah di daerah itu. “Se­banyak 23 Sekolah Mene­ngah Atas (SM­A) sederajat, hanya 10 sekolah saja yang mampu siswanya lulus SN­MPTN. Sementara itu, seba­nyak 13 sekolah lagi belum bisa mengantarkan siswanya lulus SNMPTN 2015,” se­but Kamarullah.

Tentu saja hal ini menjadi lecutan bagi kepala sekolah yang diberi amanat untuk dapat meningkatkan mutu belajar di sekolah yang dipimpinnya. Karena bagi dunia pendidikan, kualitas suatu sekolah dapat dilihat seberapa banyak siswa pada sekolah tersebut mampu menembus dan diterima di perguruan tinggi.

Adapun sekolah yang paling banyak siswanya lulus SNMPTN tahun 2015 ada­lah SMAN 1 Rao sebanyak 250 orang siswa, SMAN 1 Lubuk Sikaping seba­nyak 179 orang, SMAN 1 Padang­gelugur 103 orang, SMAN 1 Bonjol 57 orang, SMAN 1 Panti 31 orang, SMAN 2 Lubuksikaping 14 orang, SMAN 1 Tigo Nagari 10 orang, SMAN 1 Duokoto 11 orang, SMKN 1 Bonjol 7 orang, SMKS Harapan Bang­sa Panti hanya 1 orang. (h/col).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]