Sambut MEA, Asita Sumbar Gelar Rakerda


Kamis, 04 Juni 2015 - 20:41:32 WIB
Sambut MEA, Asita Sumbar Gelar Rakerda

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (Asita) Asnawi Bahar, saat berlangsungnya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD II Asita Sumbar, di Grand Inna Muara Hotel, Kamis (4/6).

Baca Juga : Varian Covid-19 India Meningkat Tajam, Pemerintah Inggris Cemas

Asnawi mempertanyakan alasan pemerintah mengeluarkan aturan itu. Pasalnya, aturan tersebut akan memukul usaha biro perjalanan. Karena di satu sisi pemerintah ingin menggenjot pariwisata, namun di sisi lain justru mengeluarkan aturan yang bertolak belakang dengan keinginan tersebut.

Menurut Asnawi, Asita sudah membahas hal ini dalam kelompok kerja (pokja) nya. Juga sudah mengajukan keberatan kepada DPR. Namun, hingga saat ini, belum juga dicabut.

Baca Juga : Begitu Fasih, David Beckham Ucapkan Selamat Idul Fitri untuk Warga Indonesia

“Aturan yang baru dikeluarkan itu tidak main-main dampaknya terhadap usaha biro perjalanan. Apalagi, konsumen PNS yang menggunakan jasa agen travel untuk memesan tiket pesawat tidaklah sedikit. Sehingga, dengan adanya aturan tersebut diyakini akan banyak biro perjalanan yang terpukul. Melalui Rakerda ini, kami berharap dukungan agar aturan ini segera dihapuskan,” kata Asnawi.

Berkembangnya travel biro online yang terkadang lebih sering menimbulkan keluhan konsumen, juga dikeluhkan oleh Asnawi. Ia minta, pemerintah juga menertibkan travel biro online, karena bisa merusak nama baik travel biro resmi yang telah ada.

Selain agenda yang membahas aturan tersebut, Ketua Asita Sumbar Ian Hanafiah menyebutkan, rakerda yang bertema Eksistensi Asita Sumbar dalam Menyongsong Masyarakat ekonomi Asean ini, Asita Sumbar juga akan membahas berbagai poin yang terkait dengan peningkatan pelayanan kepariwisataan.

Tujuannya tak lain, untuk lebih meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke Sumbar, sehingga perekonomian masyarakat pun juga akan mengalami peningkatan.

Pada acara yang dihadiri sekitar 225 anggota Asita Sumbar itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, perlunya travel agen menjaga nama baik mereka. Sebab, menurut Gubernur, ada beberapa oknum travel agen yang me mark up harga tiket.

Hal ini, ketika menjadi temuan BPK akan berdampak kepada kinerja PNS. “Saya berharap, ke depan tak ada lagi oknum di travel agen yang memark up harga tiket, demi kita bersama,” kata Irwan.

Menyinggung kesiapan Sumbar mendatangkan dan menyambut wisatawan luar negeri, Irwan menyebutkan, Pemprov telah melakukan sejumlah lobi kepada berbagai maskapai penerbangan, untuk menghidupkan jalur penerbangan langsung dari luar negeri ke Sumbar.

“Alhamdulillah, dalam waktu dekat maskapai Air Asia sudah menyanggupi, akan membuka jalur penerbangan langsung Padang – Singapura. Schedule penerbangannya sudah ada, Singapura – Padang pukul 16.00 WIB dan Padang – Singapura pukul 14.00 WIB. Mudah-mudahan penerbangan langsung ini akan semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar,” tutup Gubernur. (h/atv)

BERITA POPULER Index »


BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]