Persaingan Menuju Agam 1 Mulai Ketat


Kamis, 04 Juni 2015 - 20:45:34 WIB
Persaingan Menuju Agam 1 Mulai Ketat

Dari sejumlah nama ter­sebut sejauh ini, hanya dua kendaraan yang dinilai bisa mengantarkan, pasangan untuk mendaftar ke KPU setempat. Satu diantaranya sudah pasti, yaitu Partai Demokrat, dengan me­mili­ki sembilan kursi di DPRD Agam. Kemudian, ko­muni­kasi antara Partai Golkar dengan Partai Bulan Bin­tang, dimana keduanya su­dah hampir menemukan kata sepakat untuk mem­bentuk koalisi.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19, Nagari Pasia Laweh Agam Gelar Program 1.000 Sajadah

Pasrtai Nasdem, yang mengusung incumbent te­ngah menjalin komunkasi intensif dengan Partai Ke­adilan Sejahtera, tetapi itu belum diamini oleh pengu­rus partai tersebut. Semen­tara partai lainnya, seperti, PAN, PPP, Gerindra, Ha­nura, masih meraba dengan siapa berkoalisi dan belum menemui titik terang.

Diperkirakan maksimal ada empat pasang calon yang bakal maju pada Pil­kada men­datang, antara lain Feri Ad­rianto dengan wakil, yang diusung Demokrat, ke­mudi­an, Nasdem dan PKS yang mengu­sung incum­bent, de­ngan pa­sangan, kemudian, Letkol Rusman serta wakil yang diusung Golkar dan PBB, serta, Guspardi Gaus yang diusung PAN dengan koa­lisinya. Tetapi hal ini bisa saja tidak terjadi, seiring kons­oli­dasi partai peserta pemilihan.

Baca Juga : Pastikan Tak Buka Saat Libur Lebaran, Kapolres Agam Pantau Objek Wisata

Ketua DPC Partai De­mo­krat Kabupaten Agam, Marga Indra, mengaku se­luruh elemen partai di Ka­bupaten Agam sudah se­pakat mengusung Feri Ad­ria­nto, untuk maju pada pemilihan kepala daerah mendatang. Demokrat sa­ngat terbuka dengan sia­papun pasangan yang bakal mendampinginya. Tetapi segala sesuatu bisa berubah jelang Pilkada.

“Sejauh ini kami tetap komit membesarkan partai melalui kader. Untuk pen­damping bapak Feri akan lihat nanti. Namun di balik itu, semua kita tidak tahu, apa yang terjadi ke depan, semua­nya bisa saja ber­ge­ser,” jelasnya.

Sementara itu Ketua DPD Partai Amanat Na­sio­nal, Syah­mendra, mengaku, sebagai ketua partai di da­erah, ia berkomitmen untuk men­dorong partai bisa ber­buat banyak dan me­me­nang­kan Pilkada pada tahun 2015. Kader di daerah se­mua­nya sudah siap, saat ini PAN juga tengah mem­bang­un komu­nikasi dengan se­jum­lah partai.

Sementara untuk akti­vitas calon sendiri, Feri Adrianto terlihat lebih agre­sif di lapangan. Baliho dan posternya dengan sem­boy­an, Agam Maju Dimulai Dari Kemajuan Nagari, Kita Bisa semakin menyebar ke kampung-kampung.

Percaya dirinya Feri Ad­rianto  yang mantan wali nagari Sungai Puar dan mant­an ketua Perwana Ag­am dikarenakan partainya dapat mengusung sendiri calon pasangan bupati tanpa ber­koalsi dengan partai lain.

Sementara itu pengurus, Lembaga Swadaya Masya­rakat Komite Masyarakat Agam, MS Marajo, menga­takan, pertarungan pilkada Agam bakal sangat ketat. Jika partai tidak benar-benar membangun kerjasama poli­tik yang serius dari sekarang bisa saja sejumlah partai hanya jadi penonton.

Menurutnya, nama-na­ma yang muncul cukup me­n­­janji­kan jika saling ber­hadapan. Meskipun dipre­diksi bakal ketat, ia berharap para bakal calon, simpatisan, maupun masyarakat agar tidak ter­pancing melakukan hal-hal yang bisa merugikan daerah. Bersainglah secara sehat dan saling menghargai. (h/yat/ks)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]