Persaingan Menuju Agam 1 Mulai Ketat


Kamis, 04 Juni 2015 - 20:45:34 WIB

Dari sejumlah nama ter­sebut sejauh ini, hanya dua kendaraan yang dinilai bisa mengantarkan, pasangan untuk mendaftar ke KPU setempat. Satu diantaranya sudah pasti, yaitu Partai Demokrat, dengan me­mili­ki sembilan kursi di DPRD Agam. Kemudian, ko­muni­kasi antara Partai Golkar dengan Partai Bulan Bin­tang, dimana keduanya su­dah hampir menemukan kata sepakat untuk mem­bentuk koalisi.

Pasrtai Nasdem, yang mengusung incumbent te­ngah menjalin komunkasi intensif dengan Partai Ke­adilan Sejahtera, tetapi itu belum diamini oleh pengu­rus partai tersebut. Semen­tara partai lainnya, seperti, PAN, PPP, Gerindra, Ha­nura, masih meraba dengan siapa berkoalisi dan belum menemui titik terang.

Diperkirakan maksimal ada empat pasang calon yang bakal maju pada Pil­kada men­datang, antara lain Feri Ad­rianto dengan wakil, yang diusung Demokrat, ke­mudi­an, Nasdem dan PKS yang mengu­sung incum­bent, de­ngan pa­sangan, kemudian, Letkol Rusman serta wakil yang diusung Golkar dan PBB, serta, Guspardi Gaus yang diusung PAN dengan koa­lisinya. Tetapi hal ini bisa saja tidak terjadi, seiring kons­oli­dasi partai peserta pemilihan.

Ketua DPC Partai De­mo­krat Kabupaten Agam, Marga Indra, mengaku se­luruh elemen partai di Ka­bupaten Agam sudah se­pakat mengusung Feri Ad­ria­nto, untuk maju pada pemilihan kepala daerah mendatang. Demokrat sa­ngat terbuka dengan sia­papun pasangan yang bakal mendampinginya. Tetapi segala sesuatu bisa berubah jelang Pilkada.

“Sejauh ini kami tetap komit membesarkan partai melalui kader. Untuk pen­damping bapak Feri akan lihat nanti. Namun di balik itu, semua kita tidak tahu, apa yang terjadi ke depan, semua­nya bisa saja ber­ge­ser,” jelasnya.

Sementara itu Ketua DPD Partai Amanat Na­sio­nal, Syah­mendra, mengaku, sebagai ketua partai di da­erah, ia berkomitmen untuk men­dorong partai bisa ber­buat banyak dan me­me­nang­kan Pilkada pada tahun 2015. Kader di daerah se­mua­nya sudah siap, saat ini PAN juga tengah mem­bang­un komu­nikasi dengan se­jum­lah partai.

Sementara untuk akti­vitas calon sendiri, Feri Adrianto terlihat lebih agre­sif di lapangan. Baliho dan posternya dengan sem­boy­an, Agam Maju Dimulai Dari Kemajuan Nagari, Kita Bisa semakin menyebar ke kampung-kampung.

Percaya dirinya Feri Ad­rianto  yang mantan wali nagari Sungai Puar dan mant­an ketua Perwana Ag­am dikarenakan partainya dapat mengusung sendiri calon pasangan bupati tanpa ber­koalsi dengan partai lain.

Sementara itu pengurus, Lembaga Swadaya Masya­rakat Komite Masyarakat Agam, MS Marajo, menga­takan, pertarungan pilkada Agam bakal sangat ketat. Jika partai tidak benar-benar membangun kerjasama poli­tik yang serius dari sekarang bisa saja sejumlah partai hanya jadi penonton.

Menurutnya, nama-na­ma yang muncul cukup me­n­­janji­kan jika saling ber­hadapan. Meskipun dipre­diksi bakal ketat, ia berharap para bakal calon, simpatisan, maupun masyarakat agar tidak ter­pancing melakukan hal-hal yang bisa merugikan daerah. Bersainglah secara sehat dan saling menghargai. (h/yat/ks)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 11 Mei 2015 - 19:44:30 WIB

    Persaingan Mengerucut pada Duo Incumbent

    MENUJU PILKADA AGAM

    AGAM,  HALUAN— Sosok kuat yang bakal menjegal duo incumbent, Indra Catri dan Irwan Fikri,  tak kunjung muncul jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Agam Desember 2015.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]