Mantan Petinggi FIFA Akui Soal Suap


Kamis, 04 Juni 2015 - 20:47:38 WIB
Mantan Petinggi FIFA Akui Soal Suap

Blazer sudah mengakui hal tersebut kepada FBI sejak 2013, namun baru kemarin dokumen yang me­nyang­kut pengakuannya di­bu­ka kepada umum.Blazer juga mengakui bahwa dirinya juga membantu mem­fasili­tasi penyuapan dalam proses bidding untuk Piala Dunia 1998.

Ketika itu, dia disuap untuk membantu proses Maroko menjadi tuan rumah Piala Dunia. Namun, usaha­nya gagal dan hak untuk tuan rumah Piala Dunia ketika itu jatuh ke tangan Pran­cis.­”Selama bekerja untuk FIFA dan CONCACAF, dari se­kian banyak hal, saya dan beberapa orang lainnya me­ngakui bahwa saya dan yang lainnya setidaknya dua kali melakukan tindakan perse­kongkolan,” ujar Blazer.

Baca Juga : Comeback, Marc Marquez Juarai MotoGP Jerman

Blazer merupakan whistle­blower yang menjadi pangkal penyelidikan besar-besaran FBI terhadap FIFA. Pekan lalu, FBI menangkap sejumlah petinggi FIFA di sebuah hotel di Zurich, Swiss, terkait dugaan kasus suap dan korupsi.

Blazer dinyatakan ber­salah atas korupsi pada tahun 2013. Dia juga punya pemasukan mencurigakan sebesar 11 juta dollar AS yang tak dilaporkan dan telah mangkir dari pem­bayaran pajak selama ber­tahun-tahun, sebagaimana diungkap Dinas Pajak AS (IRS). (h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]