Kota Padang Tarik Dunia Internasional Melalui IORA


Kamis, 04 Juni 2015 - 20:48:09 WIB
Kota Padang Tarik Dunia Internasional Melalui IORA

“Ini menjadi peluang b­es­ar bagi Sumbar yang berada di daerah bagian pan­tai barat Sumatera, un­tuk semakin  maju seperti pro­vinsi yang berada di ba­gian timur yang dilewati jalur pelayaran inter­na­sional,” ujarnya.

Baca Juga : Padang Aktifkan Kembali Kampung Nelayan untuk Tempat Karantina Covid-19

Dengan momen ini, kata Irwan, harus menjadi mo­tivasi bagi Sumbar untuk dapat pengembangan daerah demi peningkatan kese­jah­teraan masyarakat. Ini harus dimanfaatkan sebaik mung­kin, sebab momentum Ok­tober tersebut adalah sebuah kesuksesan bagi provinsi di Indonesia.

Program yang dikem­bangkan IORA ini, ujar Irwan, tentunya sejalan de­ngan program yang telah digagas pemerintah pusat untuk pengembangan da­erah maritim di Indonesia.

Baca Juga : Pemuda Villa Indah Padang Bagi-bagi THR, Pakai Cara Tak Biasa

“Dengan adanya Menteri Koordinator Kemaritiman, tentunya sebagai bentuk keseriusan pemerintah da­lam pengembangan daerah maritim. Apalagi jika si­nergi empat kementerian, yang dinilai berkaitan erat dengan pengelolaan sektor kelautan dan perikanan da­lam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat terlaksana,” katanya.

Jika itu berjalan dengan baik, lanjutnya, tentunya menjadi tugas di daerah mendorong bagaimana me­majukan sektor kelautan untuk menjadi fokus pekem­bangan destinasi pariwisata dan kawasan bahari.

“Dengan begitu pe­ngem­b­angan pariwisata dengan pemanfaatan potensi laut, perdagangan, pendidikan dan hubungan luar negeri, dapat berperan dalam me­ningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Sumbar,” paparnya.

Lebih lanjut ia men­je­laskan, berbagai program un­tuk pengembangan kabu­paten/kota yang berada di kawasan pesisr pantai barat Sumatera telah dilakukan. Setidaknya 5.600 keluarga miskin telah mendapatkan bantuan dari program-pro­gram yang ada.

“Kami ingin IORA ini sebagai tempat beranjak maju bagi Sumbar dan perlu men­dapatkan respon positif. Un­tuk itu, kita berharap pada kegiatan-kegiatan yang dilak­sanakan IORA Sumbar dapat diikutsertakan,” ung­kapnya.

Sementara Wakil Rek­tor III Unand, Aprisal me­nuturkan, dengan se­minar kemaritiman ini ten­tunya menambah pe­ngetahuan da­ri peserta ten­tang IORA, sebagai langkah bersama untuk mendorong kemajuan Sumbar yang be­rada di d­a­erah pantai barat Sumatera yang dekat dengan Samudera Hindia. (h/rel/mg-isr)

BERITA POPULER Index »


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]