DKK Temukan Bahan Makanan Berbahaya


Kamis, 04 Juni 2015 - 20:50:00 WIB

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Eka Lusti melalui Kasi Ke­par­masian, Indrawati me­ngatakan, hasil sidak ter­sebut ditemukan pe­ngem­bang kue yang diduga me­ngandung bahan ber­bahaya (borak). “Dengan merek Kendi, ini biasanya me­ngandung borak,” jelas In­drawati.

Dikatakannya, pe­ngem­bang kue dengan me­rek ter­sebut ditemukan di toko Sampurna, Jalan Hili­goo, dan pabrik mie di Se­berang Padang. Sekarang alat bukti tersebut di­aman­kan oleh Satuan Polisi Pa­mong Praja (Satpol PP) Padang.

“Kami tidak memiliki wewenang untuk me­nga­mankan barang bukti ter­sebut, maka diserahkan dan saat ini barang tersebut di­amankan Satpol PP,” te­rangnya.

Rencanya, hari ini (5/6) pihaknya akan menyerahkan barang bukti dengan merek Kendi ke BPOM. Pihaknya meyakini, bahwa merek da­gang Kendi terindikasi bo­rak. “Biasanya seperti itu, merek dagang kendi ini mengandung borak. Jika sudah terbukti dari BPOM, barang akan kita mus­nah­kan. Yang jelas pemilik toko Sampurna dan toko Mie di seberang Padang sudah mem­­­buat perjanjian. Jika ter­bukti, mereka setuju un­tuk dimusnahkan,” pa­par­nya lagi.

Tidak hanya itu saja, pihaknya bersama Dis­pe­rindagtamben Kota Padang sudah membentuk tim sidak menjelang Ra­madan dan Lebaran. “Termasuk nanti dagangan pabukoan akan kita sidak juga,” pungkasnya.

Pantauan Haluan di Pa­sar Raya Padang, ke­bu­tuhan jelang Ramadan su­dah mu­lai meningkat, ser­ta harga juga sudah mu­lai naik. A­pa­lagi, kebutuhan bahan kue sudah mulai di­beli oleh pengusaha kue kering.

Ani, penjual kebutuhan alat kue mengatakan, pe­ningkatan penjualannya su­dah meningkat mencapai 70 persen. Terutama men­tega, telur serta alat pengembang lainnya. “Namun, saya men­jual alat kue dengan merek yang jelas,” tandas Ani.

Ani berharap para pe­ngusaha kue dan pembeli harus membeli produk yang mereknya sudah melalui BPOM dan MUI. Ini untuk menjamin produk yang akan dijual nantinya. “Terutama pengusaha kue kering jelang Ramadan harus me­ngu­ta­ma­k­an produk yang ber­merek dan ada BPOM ser­­ta MUI,” tandasnya.

Hal tersebut juga di­katakan Yulika, pedagang rempah di Inpres I. Di­katakannya, pemerintah ha­rus gencar melakukan pe­ngawasan terhadap produk abal-abal menjelang Ra­madan. “Biasanya bahan-bahan kue yang banyak abal-abal. Makanya pemerintah harus melakukan pe­nga­wasan dengan ketat,” tutup Yulika. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 16 Januari 2018 - 10:58:09 WIB

    Ibu Muda Meninggal Akibat DBD, DKK Padang Imbau Warga Waspada

    Ibu Muda Meninggal Akibat DBD, DKK Padang Imbau Warga Waspada PADANG, HARIANHALUAN.COM--Penyakit Demam Berdarah (DBD) kembali merenggut nyawa, Senin (15/1).  Kali ini korbannya Sabrina (28) warga Tanjung Aur, Balai Gadang Lubuk Minturun Padang..
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 11:40:52 WIB

    DKK Tambah 10 Dokter Puskesmas

    DKK Tambah 10 Dokter Puskesmas PADANG, HALUAN—Dinas Kesehatan Kota atau DKK Padang telah mengirim 10 orang dokter umum untuk membantu proses pelayanan kesehatan di 10 puskesmas..
  • Jumat, 24 Juni 2016 - 14:10:42 WIB

    DKP, DKK dan Dinsosnaker Bakal Dilelang

    DKP, DKK dan Dinsosnaker Bakal Dilelang PADANG, HALUAN-- Untuk mencari pemimpin Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Padang bakal melakukan lelang jabatan dalam waktu dekat. Tiga SKPD tersebut, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Kesehata.
  • Selasa, 19 April 2016 - 03:23:47 WIB

    Bekas DKK Jalan Diponegoro Dijadikan Terminal Sementara AKAP

    PADANG, HALUAN— Me­nunggu adanya terminal yang representatif di Kota Padang, Pemko Padang me­nyikapi dengan membangun terminal sementara bagi Bus Angkutan Kota Dalam Pro­vinsi (AKDP)..
  • Kamis, 28 Januari 2016 - 04:23:26 WIB
    Selama Januari 2016

    DKK Temukan 100 Kasus DBD

    PADANG, HALUAN — Dinas Kesehatan Kota (DKK) Pa­dang mencatat 100 temuan kasus Demam Berdarah De­ngue (DBD) sejak awal tahun ini (hingga 26 Januari 2016). Atas temuan tersebut, ma­syarakat Kota Padang diimbau untuk mewasp.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]