Kopertis X Peringatkan PTS Jangan Main Api


Kamis, 04 Juni 2015 - 20:53:29 WIB
Kopertis X Peringatkan PTS Jangan Main Api

“Sebelum berita terkait ijazah palsu beredar, Ko­pertis telah terlebih dahulu mengantisipasinya dengan mengajukan per­syaratan kepada PTS sebelum me­wisuda mahasiswanya. Salah satu syarat adalah me­nye­rahkan nama-nama calon wisudawan kepada Ko­per­tis. Nama-nama tersebut akan dicek satu persatu dan disesuaikan dengan data yang ada pada Pangkalan Da­ta Perguruan Tinggi (PD­PT),” ucap Ganefri kepada Haluan, Kamis, (4/6).

Baca Juga : Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Setelah dilakukan pe­ngecekan, lanjut Ganefri, jika ditemukan kejanggalan-kejanggalan seperti tidak terpenuhinya syarat Satuan Kredit Semester (SKS) dan lain sebagainya, maka ma­hasiswa bersangkutan tidak diizinkan untuk mengikuti wisuda.

“Selain itu, untuk lang­kah kongkret Kopertis juga melakukan program Pe­ngawasan Pengendalian dan Pembinaan (Wasdalbin) ke setiap PTS yang ada di wila­yah X. Sesuai aturan yang berlaku, Wasdalbin kita lakukan minimal satu kali dalam satu semester,” tam­bahnya lagi.

Baca Juga : Mantap! Rutan Anak Aia Padang Bagikan Baju Lebaran untuk WBP

Tidak sampai di situ saja, Ganefri terus mewanti-wanti kepada PTS yang mencoba melakukan praktik pe­ner­bitan ijazah palsu dan tidak sesuai dengan mekanisme pen­didikan tinggi yang ber­laku. Pada pemohon ijazah, dapat dipastikan dipastikan bahwa ijazah palsu akan dinonaktifkan. Sementara untuk PTS yang me­ner­bit­kan ijazah, setelah dila­kukan koordinasi dengan Men­ristekdikti, PTS ter­sebut mungkin saja bernasib sama dengan 18 PTS yang dika­barkan akan segera ditutup dan dicabut izinnya oleh Menteri.

“Kita tidak bisa main-main dengan urusan ijazah palsu ini. Pengawasan akan terus kita perketat, terutama kepada PTS yang berada di bawah Kopertis Wilayah X,” tutup Ganefri. (h/mg-isq)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]