Kopertis X Peringatkan PTS Jangan Main Api


Kamis, 04 Juni 2015 - 20:53:29 WIB

“Sebelum berita terkait ijazah palsu beredar, Ko­pertis telah terlebih dahulu mengantisipasinya dengan mengajukan per­syaratan kepada PTS sebelum me­wisuda mahasiswanya. Salah satu syarat adalah me­nye­rahkan nama-nama calon wisudawan kepada Ko­per­tis. Nama-nama tersebut akan dicek satu persatu dan disesuaikan dengan data yang ada pada Pangkalan Da­ta Perguruan Tinggi (PD­PT),” ucap Ganefri kepada Haluan, Kamis, (4/6).

Setelah dilakukan pe­ngecekan, lanjut Ganefri, jika ditemukan kejanggalan-kejanggalan seperti tidak terpenuhinya syarat Satuan Kredit Semester (SKS) dan lain sebagainya, maka ma­hasiswa bersangkutan tidak diizinkan untuk mengikuti wisuda.

“Selain itu, untuk lang­kah kongkret Kopertis juga melakukan program Pe­ngawasan Pengendalian dan Pembinaan (Wasdalbin) ke setiap PTS yang ada di wila­yah X. Sesuai aturan yang berlaku, Wasdalbin kita lakukan minimal satu kali dalam satu semester,” tam­bahnya lagi.

Tidak sampai di situ saja, Ganefri terus mewanti-wanti kepada PTS yang mencoba melakukan praktik pe­ner­bitan ijazah palsu dan tidak sesuai dengan mekanisme pen­didikan tinggi yang ber­laku. Pada pemohon ijazah, dapat dipastikan dipastikan bahwa ijazah palsu akan dinonaktifkan. Sementara untuk PTS yang me­ner­bit­kan ijazah, setelah dila­kukan koordinasi dengan Men­ristekdikti, PTS ter­sebut mungkin saja bernasib sama dengan 18 PTS yang dika­barkan akan segera ditutup dan dicabut izinnya oleh Menteri.

“Kita tidak bisa main-main dengan urusan ijazah palsu ini. Pengawasan akan terus kita perketat, terutama kepada PTS yang berada di bawah Kopertis Wilayah X,” tutup Ganefri. (h/mg-isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 November 2016 - 01:03:47 WIB

    Kopertis Wilayah X Siap Bersaing di Kancah Internasional

    PADANG, HALUAN — Kopertis Wilayah X Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau, berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas. Terutama dalam pemahaman bahasa asing dimana salah satunya bahasa Inggris..
  • Senin, 20 Juni 2016 - 15:03:52 WIB
    Universitas Tamansiswa Padang

    Menjadi yang Terbaik di Kopertis X Berkat Kebersamaan

    Menjadi yang Terbaik di Kopertis X Berkat Kebersamaan HALUAN,PADANG--Kebersamaan dan silaturahmi yang senantiasa terjalin adalah modal untuk mewujudkan cita-cita dalam segala hal. Dengan kebersamaan semua tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai menjadi lebih mudah..
  • Senin, 15 Februari 2016 - 02:57:05 WIB

    1.817 Dosen Kopertis Wilayah X Tak Miliki Kejelasan Status

    PADANG, HALUAN — Kopertis Wilayah X memberi waktu kepada ratusan perguruan tinggi di wilayahnya untuk memperbaiki data dosen yang diinput dalam website forlap dikti. Hingga saat ini dari data tersebut ditemukan 1.817 dosen .
  • Rabu, 28 Oktober 2015 - 19:57:48 WIB

    Kopertis Wilayah X Kekurangan Dosen Bidang Kesehatan

    WISUDA V STIKES SYEDZA SAINTIKA

    PADANG, HALUAN — Ketua Kopertis Wilayah X Ganefri mengatakan, perguruan tinggi terutama di bidang kesehatan harus me­ningkatkan mutu da.

  • Kamis, 25 Juni 2015 - 18:44:49 WIB

    Kopertis Wilayah X: Dosen S1 Harus Sudah S2 Akhir 2015

    PADANG, HALUAN Kopertis Wilayah X memberikan tenggat waktu kepada dosen yang masih bertitel Sarjana (S1) hingga akhir tahun ini untuk menyelesaikan studi S2-nya.

    Koordinator Kopertis Wi­layah .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]