Dana Hibah Bakal Dialihkan


Kamis, 04 Juni 2015 - 20:53:58 WIB

Hal ini diungkapkan Gu­bernur Sumbar, Irwan Pra­yitno di sela pembukaan rapat kerja Wali Nagari/ke­pala desa dan lurah se-Sumbar, Rabu (3/6) malam di Asrama Haji Tabing, Padang.

“Pada minggu keempat Juni kita sudah membahas RAPBD Perubahan, maka dana itu kita alihkan saja,” terang Irwan Prayitno.

Diakuinya sampai saat ini Pemprov Sumbar tidak berani menggunakan ang­garan hibah ke kabupten/kota tanpa ada persetujuan tertulis dari Ke­men­da­gri. Pemprov Sumbar te­lah dua kali menyurati Ke­mendagri untuk memastikan peng­gunaan dana ini.

”Pertama setelah tu­run­nya surat keputusan Menteri Da­lam Negeri pada De­sember 2014. Kemudian setelah turunnya matrik peng­gunaan anggaran pada April 2015,” ujar Irwan.

Baru-baru ini Pemprov menyurati lagi Kemendagri, namun belum juga ada jawa­ban. “Sebenarnya kita juga sedih anggaran ini tidak bisa digunakan. Kita hanya bisa menunggu kejelasan dari Kementerian Dalam Ne­geri,” paparnya.

Dari beberapa kali per­temuan Pemprov Sumbar dengan Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, se­jumlah anggaran hibah boleh digunakan. Anggaran yang dibolehkan itu untuk hal-hal yang benar-benar penting. Hanya rekomendasi boleh itu belum juga dituangkan dalam bentuk tertulis.

“Kita sudah temui Dirjen Keuangan Daerah, ja­wabnya sama. Untuk anggaran ter­tentu boleh digunakan, se­perti insentif walinagari, dana safari Ramadan dan bantuan beras anak yatim. Tapi, kita tidak mungkin mencairkan tanpa ada da­sarnya, penegak hukum ti­dak akan menerima alasan kita karena perintah lisan tanpa ada ketentuan ter­tulisnya,” ungkapnya.

Irwan berharap, untuk dana insentif walinagari, hibah safari Ramadan dan bantuan untuk anak yatim dapat dicairkan menjelang akhir Juni. Sementara ang­garan hibah lainnya jika tidak juga dapat digunakan, maka akan dialihkan pada APBD Perubahan 2015.

“Pada pembahasan nan­tinya, kita akan lengkapi ke­bu­tuhan dasar dalam peng­garan. Mencukupi 20 persen anggaran pendidikan, 10 persen anggaran kese­hatan dan minimal 30 persen b­e­lanja modal. Sisanya baru kita alokasikan kembali un­tuk hibah ke kabupaten/kota,” sebutnya.

Terkait dengan adanya keinginan Dewan Per­wa­kilan Rakyat Daerah (DP­RD) Sumbar untuk meng­gugat Pemprov Sumbar pada Pe­ngadilan Tata Usaha Ne­gara (PTUN) terkait peng­gunaan anggaran tersebut tidak tepat. Karena tidak satu kebijakan apapun yang di­ambil Pemprov Sumbar un­tuk menghalangi peng­gu­naan anggaran.

“Kalau mau gugat ke PTUN gugat saja Surat Ke­pu­tusan (SK) Kemendagri. Tidak ada kebijakan Pem­prov, kalaupun ada pe­ngang­­­garan itu ditetapkan ber­sama dengan DPRD,” ujarnya.

Niat DPRD untuk me­ngajukan gugatan tersebut dinilai Irwan merupakan, buah kekecewaan dari SK Ke­mendagri tersebut. Tidak hanya DPRD Sumbar yang memiliki kekecewaan ter­sebut, namun Pemprov Sum­­bar serta Satuan Kerja Perang­kat Daerah (SKPD) yang lain­nya juga merasakan hal yang sama.

“Kita juga kecewa. Ba­gaimana tidak, banyak pro­gram SKPD yang tidak bisa dijalankan oleh pela­rangan dari Kemendagri tersebut. Tapi apa boleh buat, kita harus patuhi kebijakan Men­dagri,” tutupnya. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 20:07:24 WIB

    Hebat Siswa SMPN 8 Padang! Dana Perpisahan yang Mereka Kumpulkan Diserahkan Membantu Sembako ke Pondok Pesantren

    Hebat Siswa SMPN 8 Padang! Dana Perpisahan yang Mereka Kumpulkan Diserahkan Membantu Sembako ke Pondok Pesantren HarianHaluan.com - Pandemi corona yang terjadi saat ini memberikan banyak dampak terhadap kesehatan dan ekonomi masyarakat. Sehingga banyak masyarakat yang mengalami kesusahan dan banyak pula yang ikut berpartisipasi untuk me.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 22:37:44 WIB

    Baznas Kota Padang Panen Perdana Lele Bioflog

    Baznas Kota Padang Panen Perdana Lele Bioflog PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Salah satu Makna Zakat adalah Tumbuh dan berkembang, dan makna dari zakat itu juga harus di implementasikan Oleh lembaga Amil Zakat dalam hal ini BAZNAS Kota Padang dalam bentuk Program Pemberdayaa.
  • Senin, 27 Mei 2019 - 15:02:16 WIB

    DPRD Padang: Hati-hati Gunakan Dana Pokir

    DPRD Padang: Hati-hati Gunakan Dana Pokir PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra Senin (27/5) mewanti-wanti,  anggota DPRD Kota Padang agar jangan sampai menjadikan dana pokok-pokok pikiran (pokir) sebagai lahan proyek. .
  • Jumat, 05 April 2019 - 00:54:38 WIB

    Pembaruan Marka Jalan di Padang Butuhkan Dana Rp200 juta

    Pembaruan Marka Jalan di Padang Butuhkan Dana Rp200 juta PADANG, HARIANHALUAN.COM - Banyaknya marka jalan yang mulai memudar dan butuh sentuhan kembali, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang akan lakukan pembaruan. Tahun ini, anggaran sebesar Rp200 juta akan dilayangkan untuk pemb.
  • Senin, 07 Januari 2019 - 13:07:37 WIB

    5 Jam Galang Dana, Ojek Online di Padang Kumpulkan Rp32 Juta

    5 Jam Galang Dana, Ojek Online di Padang Kumpulkan Rp32 Juta PADANG. HARIANHALUAN.COM-Puluhan driver ojek online yang tergabung dalam Forum Komunikasi Driver Online Padang (FKDOP) menggalang dana untuk korban bencana tsunami Lampung dan Banten..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]